Pengembangan Media Layanan Informasi Berbasis Website Untuk Stres Akademik Siswa

Arlena, Nindi and Prasetya, Akhmad Fajar (2022) Pengembangan Media Layanan Informasi Berbasis Website Untuk Stres Akademik Siswa. JCOSE (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 4 (2). pp. 29-34. ISSN 2622-6057

[thumbnail of Siap Upload Penelitian_Layanan Informasi.pdf] Text
Siap Upload Penelitian_Layanan Informasi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media layanan informasi berbasis website untuk stres akademik pada siswa. Jenis penelitian ini R&D (Research and Development) dengan metode Brog and Gall. Model pengembangan ini hanya sampai tahap revisi produk saja. Studi pendahuluan dengan menyebarkan instrumen angket pada siswa, serta didukung oleh hasil wawancara dengan guru BK. Subjek penelitian sebanyak 34 siswa kelas X Tatabusana 2 SMK N 2 Sewon Bantul yang menunjukan bahwa masih banyak siswa yang belu mengetahui terkait stres akademik. Hasil penelitian pengembangan ini diukur berdasarkan penillaian dari uji ahli materi dan uji ahli media. Hasil penilaian uji ahli materi mendapatkan nilai sebesar 82,5 dengan kategori Sangat Baik. Sedangkan Uji Ahli Media mendapatkan nilai sebesar 75 dengan kategori Baik. Hasil penilaian secara keseluruhan dengan nilai rata-rata yang didapat sebesar 78,8 dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil tersebut maka Pengembangan Media Layanan Informasi Berbasis Website Untuk Stres Akademik Siswa di SMK N 2 Sewon Bantul Yogyakarta Layak untuk digunakan.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Akhmad Fajar Prasetya
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:48
Last Modified: 30 Jan 2023 02:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39310

Actions (login required)

View Item View Item