Pengembangan E-Modul dalam Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Tentang Self Efficacy Pada Siswa SMP Muhammadyah 1 Kalasan

Prasetyo, Dimas Adi and Prasetya, Akhmad Fajar (2022) Pengembangan E-Modul dalam Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Tentang Self Efficacy Pada Siswa SMP Muhammadyah 1 Kalasan. JCOSE (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 4 (2). pp. 69-76. ISSN 2622-6057

[thumbnail of Siap Upload Penelitian_Emodul.pdf] Text
Siap Upload Penelitian_Emodul.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media penunjang layanan bimbingan kelompok berbasis elektronik berupa modul elektronik tentang self efficacy. Jenis penelitian ini R&D (Research and Development) dengan metode Brog and Gall. Model pengembangan ini hanya sampai tahap revisi produk saja yang terdiri dari Potensi Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain. Studi pendahuluan dengan observasi dan wawancara, serta didukung oleh hasil pernyataan guru BK. Subjek penelitian siswa Smp Muhammadyah 2 kalasan tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian pengembangan ini diukur berdasarkan penillaian dari uji ahli materi dan uji ahli media. Hasil penilaian uji ahli materi mendapatkan nilai sebesar 87,5 dengan kategori Sangat Baik. Sedangkan Uji Ahli Media mendapatkan nilai sebesar 81,25 dengan kategori Baik. Hasil penilaian secara keseluruhan dengan nilai rata-rata yang didapat sebesar 84,375 dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil tersebut maka Pengembangan e-modul dalam layanan bimbingan kelompok teknik home room tentang self efficacy pada siswa SMP Muhammadyah 1 Kalasan Layak untuk digunakan.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Akhmad Fajar Prasetya
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:49
Last Modified: 30 Jan 2023 02:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39311

Actions (login required)

View Item View Item