Strategi guru dalam menumbuhkan kreativitas siswa pada pembelajaran jarak jauh di SD N Kalikutuk Sentolo

Hanna Kurnia, Afrisnaini and Dwanda Putra, Lovandri (2022) Strategi guru dalam menumbuhkan kreativitas siswa pada pembelajaran jarak jauh di SD N Kalikutuk Sentolo. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6 (2). ISSN P-ISSN : 2579-5112 | E-ISSN : 2579-5147

[thumbnail of HASIL CEK_60160940.pdf] Text
HASIL CEK_60160940.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siswa sekolahdasar sebaiknya sudah dikembangkan kreativitasnya melalui strategi pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan kreativitas pada pembelajaran jarak jauh di SD N Kalikutuk Sentolo.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, telaah dokumentasi dan angket kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian yaitu guru dan 5 siswa kelas 4A. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi guru secara umum dalam menumbuhkan kreativitas yaitu melalui strategi pengorganisasian, strategi penyampaian pembelajaran dan strategi pengelolaan pembelajaran. 2) Strategi guru dalam menumbuhkan kreativitas, meliputi melatih siswa mempunyai rasa ingin tahu yang besar, kaya akan inisiatif, tertarik pada kegiatan kreatif, kaya akan imajinasi, percaya diri dan mandiri. 3) Faktor pendukung dalam menumbuhkan kreativitas yang paling berpengaruh yaitu faktor lingkungan, faktor kepribadian, faktor minat dan motivasi serta faktor penilaian, faktor pendukung lainnya adanya gawai yang mencukupi selama proses pembelajaran jarak jauh, adanya kerjasama antara pihak guru dan orang tua. 4) Faktor penghambatnya yaitu jaringan yang tidak menentu saat pembelajaran jarak jauh berlangsung.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Lovandri Dwanda Putra
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:24
Last Modified: 31 Jan 2023 03:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39361

Actions (login required)

View Item View Item