KLASIFIKASI KINERJA PENGAJARAN BERBASIS PENILAIAN MAHASISWA & DOSEN MENGGUNAKAN NAIVE BAYES

Handayaningsih, Sri and Azhari, Imam (2021) KLASIFIKASI KINERJA PENGAJARAN BERBASIS PENILAIAN MAHASISWA & DOSEN MENGGUNAKAN NAIVE BAYES. Project Report. Unibversitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. (Unpublished)

[thumbnail of Final_Laporan_Akhir_Penelitian_Internal_2020_60010308.pdf] Text
Final_Laporan_Akhir_Penelitian_Internal_2020_60010308.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://is.uad.ac.id

Abstract

Pada penelitian ini dirancang dalam empat tahun untuk menghasilkan sebuah Sistem yang membantu pimpinan di lingkungan perguruan tinggi dalam melakukan penilaian kinerja Dosen. Permasalahan yang antara lain; pertama hasil pengukuran IKD semesteran dan tahunan belum bisa digunakan untuk mengukur keberhasilah Dosen dalam mengajar Mata Kuliah (MK) pada semester tersebut, kedua hasil IKD belum bisa dijadikan rujukan Dosen dalam melakukan evaluasi diri untuk pengajaran di MK berikutnya, ketiga penilaian mahasiswa dalam bentuk saran/opini belum digunakan sebagai bahan evaluasi, keempat hasil penilaian Angka oleh Dosen pada setiap MK, belum bisa dijadikan rujukan keberhasilan Dosen dalam pengajaran pada semester tersebut.
Berdasarkan permasalahan yang ada, penelitian ini melakukan klasifikasi kinerja pengajaran berdasarkan penilaian Dosen dan penilaian Mahasiswa melalui kuisoner dan Saran/Opini sebagai bahan evaluasi kesuksesan dalam pengajaran menggunakan Naïve Bayes. Proses yang dilakukan untuk mendapatkan klasifikasi antara lain : (1) koleksi data dan pelabelan, (2) Text Preprocessing, (3) Penerapan Term Frequency and Inverse Document Frequency (TF-IDF), (4) Perhitungan Kelas Sentimen dengan Naïve Bayes, (5) Pengujian Akurasi dengan K-Fold Cross Validation dan Kappa Statistic, (6) Melakukan klasifikasi kinerja pengajaran.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sistem yang mampu mengklasifikasikan kinerja pengajaran Dosen berdasarkan penilaian Dosen dan Saran/Opini Mahasiswa. Sistem ini dapat digunakan untuk bahan evaluasi pimpinan program studi dalam meningkatkan mutu pengajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: S.Si., M.C Imam Azhari
Date Deposited: 02 Feb 2023 06:49
Last Modified: 02 Feb 2023 06:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39414

Actions (login required)

View Item View Item