Agus, Imaludin and Arfiana, Ayu (2016) PERAN GURU DALAM SIMBOLISASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 444-449. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2
Text
Imaludin_UNY.pdf Download (427kB) |
Abstract
Kita ketahui bahwa matematika merupakan ilmu yang bersifat abstrak yang terdiri atas tiga aspek yaitu fakta, konsep, dan prinsip.Aspek-aspek tersebut membentuk hierarki, dengan simbol sebagai bahasanya.Simbol tersebut berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk mengkomunika- sikan matematika sehingga lebih mudah dipahami.Akan tetapi, simbol dalam matematika memiliki jumlah yang cukup banyak serta terdapat irisan antara simbol yang satu dengan simbol yang lainnya.Kondisi inilah yang diduga menjadi penyebab sulitnya siswa khususnya pada jenjang sekolah dasar dalam mempelajari dan memahami pelajaran matematika.Pada jenjang tersebut, si- swa cenderung lebih mudah mempelajari suatu materi yang bersifat konkret dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.Berdasarkan hal tersebut, simbol dipandang sebagai hal yang penting da- lam tercapainya tujuan pembelajaran matematika, sehingga peran guru sangat dibutuhkan dalam simbolisasi matematika. Guru diharapkan mampu memberikan pemahaman awal terhadap siswa mengenai simbol matematika serta dapat mengkaitkan simbol-simbol tersebut dengan kehidupan sehari-hari secara tepat. Dengan demikian, siswaakan lebih mudah memahami materi matematika, meningkatkan minat belajar, dan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matematika dalam kehidupannya.
Kata kunci: Peran Guru, Simbolisasi, Matematika, Sekolah Dasar
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 01:56 |
Last Modified: | 06 Jan 2017 02:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3945 |
Actions (login required)
View Item |