Kebijakan Literasi Informasi Dan Literasi Digital Di Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan

Bakry, Anjas and Arkiyah, Nanik (2018) Kebijakan Literasi Informasi Dan Literasi Digital Di Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan. Prosiding Seminar Nasional : "Aplikasi Virtual Reality dalan Dunia Pendidikan: Respon Perpustakaan Terhadap Format Baru Informasi".

[thumbnail of Anjas Alifah Bakry - KEBIJAKAN LITERASI INFORMASI DAN LITERASI DIGITAL DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN.pdf] Text
Anjas Alifah Bakry - KEBIJAKAN LITERASI INFORMASI DAN LITERASI DIGITAL DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN.pdf

Download (123kB)

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan literasi informasi dan literasi digital yang ada di Universitas Ahmad Dahlan. Teori yang digunakan dalam makalah ini yaitu teori kebijakan publik, implementasi kebijakan dan indikator dari implementasi kebijakan. Indikator digunakan pada makalah ini untuk dapat melihat bagaimana kebijakan itu dijalankan, bagaimana hasil dan kendala apa saja dalam proses implementasi kebijakan juga terdapat didalamnya. Hasil dari penelitian menunjukkan, kebijakan terkait kegiatan dan pelatihan literasi informasi di Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan melalui instruksi kerja no: IK-UAD-PERP-21, memberikan manfaat dan dampak yang baik bagi universitas dalam memudahkan sasaran yang utamanya yaitu; mahasiswa dan dosen untuk mencari sumber reference yang relevan, memaksimalkan pemanfaatan sumber-sumber informasi yang ada di perpustakaan. Kendala yang dijumpai hanya kurangnya ruang khusus untuk kegiatan literasi di setiap kampus yang ada di universitas. Dukungan dari universitas diperlukan untuk kebijakan ini dapat berjalan, dan dapat memberikan solusi dari kendala yang ada.

Kata Kunci: Kebijakan, Literasi Informasi, Literasi Digital

Item Type: Artikel Umum
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisi / Prodi: PERPUSTAKAAN
Depositing User: Mrs Anjas Bakry
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:12
Last Modified: 02 Feb 2023 08:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39450

Actions (login required)

View Item View Item