KULIAH KERJA NYATA ALTERNATIF UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 83 DIVISI I.A.3 TAHUN 2022/2023 RW 12 SOROSUTAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA

Maknun, Lu'luil and Ramdhan Gozali Putra, Muhammad Arsy and Muthmainnah, Nur Aulya and Mu'minah, Shofa and Abdulmanan Samah, Mut'iah and Ardyan Prasetyo, Hamas and Riska, Himatul and Pratama, Hendriana Helda (2023) KULIAH KERJA NYATA ALTERNATIF UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 83 DIVISI I.A.3 TAHUN 2022/2023 RW 12 SOROSUTAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA. [Laporan KKN] (Submitted)

[thumbnail of JUDUL_I.A.3_ALTERNATIF 83.pdf] Text
JUDUL_I.A.3_ALTERNATIF 83.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.A.3_ALTERNATIF 83.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.A.3_ALTERNATIF 83.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Mahasiswa mempunyai peran strategis sebagai agent of change (agen perubahan). Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) periode adalah salah satu wujud pengabdian mahasiswa perguruan tinggi kepada masyarakat dan industri lewat pemberian bantuan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, pendampingan dan untuk menyadarkan potensi yang dimiliki, serta membantu meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan masyarakat maupun industri. Mahasiswa akan mendapatkan kemampuan generatif berupa life skills (kecakapan / ketrampilan hidup). Observasi dilakukan dengan metode: (1) tanya jawab, (2) dokumentasi, dan (3) melihat ke lapangan secara langsung. Berdasarkan hasil observasi maka ditentukan program kerja KKN kelompok yang akan dilaksanakan meliputi program kelompok fisik dan program kelompok non fisik. Program kelompok fisik di masyarakat yaitu kerja bakti kampung, permainan tradisional, kerja bakti membersihkan masjid, dan pengembangan lorong sayur atau penghijauan, sedangkan program kelompok nonfisik yaitu penyuluhan K3, 5R, strategi pemasaran dan pemeriksaan kesehatan balita, pendampingan TPQ, pendampingan posyandu, pelatihan batik, senam sehat bersama warga, dan lomba KKN. Dilihat dari program-program tersebut maka mahasiswa berperan sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator. Pelaksanaan program kerja yang dimulai dari tanggal 19 September 2022 - 26 Januari 2023 ini relatif berjalan lancar. Dengan demikian, setelah kegiatan KKN berakhir diharapkan para warga RW 12 Sorosutan dan IKM TS Aluminium dapat terus mengembangkan segala potensi yang ada. Dan setiap kegiatan yang telah berlangsung secara kontinyu tetap dipertahankan untuk membekali diri sebagai bekal dikemudian hari.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Hamas Ardyan Prasetyo
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:33
Last Modified: 08 Feb 2023 01:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39481

Actions (login required)

View Item View Item