Repository UAD

ANALISIS KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Hidayah, Nur (2013) ANALISIS KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Proceeding Seminar NAsional Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta " Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013 Sebuah Harapan dan Tantangan, - (-). ISSN -

[img] Text
artike sem ika uny 2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum 2013 yang telah selesai dari uji publik akan segera diterapkan pada tahun 2014, kurikulum 2013 lebih banyak penekanan perubahan pada jenjang sekolah dasar, sehingga perlu banyak kesiapan yang harus dilakukan oleh satuan pendidikan di jenjang sekolah dasar. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru-guru sekolah dasar pada implementasi kurikulum 2013 dan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang diperlukan guru sekolah dasar untuk implementasi kurikulum 2013. Metode penulisan karya ini dengan menggunakan analisis pustaka dari beberapa sumber yang relevan terkait dengan aspek-aspek kesiapan guru yang harus dilakukan sebelum implementasi kurikulum 2013. Kesiapan guru-guru di sekolah dasar dapat dibedakan dalam dua aspek kesiapan, yaitu: kesiapan materiil dan non materiil. Kesiapan materiil berupa kesiapan perangkat pembelajaran yang merupakan hasil pengembangan perangkat kurikulum. kesiapan sarana dan prasarana tidak ada perubahan baik fisik maupun non fisik artinya masih menggunakan sarana dan prasarana sebelum diterapkannya kurikulum 2013. Sedangkan kesiapan non materiil lebih ditekankan pada peran yang dilakukan guru yaitu: mengkaji dan memahami kurikulum 2013, menyusun silabus dan mengembangkan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa dan sekolah, melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang berorientasi pada pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan, mengumpulkan dan berbagi gagasan dengan sesama guru mengenai perencanaan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum, menyelesaikan tugas-tugas administrasi yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Untuk itu terdapat Sembilan hal yang harus dilakukan oleh guru sekolah dasar, yaitu: 1) mengurangi metode ceramah, 2) memberikan tugas yang berbeda bagi setiap peserta didik, 3) mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuannya, 4) memperkaya dan memodifikasi bahan ajar, 5) tidak boleh ragu untuk berhubungan dengan spesialis bila ada peserta didik yang mempunyai kelainan, 6) menggunakan prosedur yang bervariasi dalam membuat penilaian, 7) mengingat bahwa peserta didik tidak berkembang dalam kecepatan yang sama, 8) mengembangkan situasi belajar yang sesuai dengan kemampuannya peserta didik, 9) mengusahakan melibatkan peserta didik dalam berbagai kegiatan. Kata kunci : Kesiapan guru SD, kurikulum 2013

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 15 Oct 2016 04:49
Last Modified: 15 Oct 2016 04:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item

Repository UAD is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.