Hasil Cek - Pemikiran Ibn Al-Qayyim Al-Jauziyyah Tentang Kritik Matan dan Metode Memahami Hadis Ta'arud

Kholis, Nur (2021) Hasil Cek - Pemikiran Ibn Al-Qayyim Al-Jauziyyah Tentang Kritik Matan dan Metode Memahami Hadis Ta'arud. DIROSAT Jurnal of Islamic Studies, 6 (1). ISSN ISSN : 2541-1667 (P) | ISSN : 2541-1675 (E)

[thumbnail of Hasil Cek - Pemikiran Ibn Al-Qayyim Al-Jauziyyah Tentang Kritik Matan dan Metode Memahami Hadis Ta'arud.pdf] Text
Hasil Cek - Pemikiran Ibn Al-Qayyim Al-Jauziyyah Tentang Kritik Matan dan Metode Memahami Hadis Ta'arud.pdf

Download (3MB)

Abstract

Studi ini menginvestigasi pemikiran Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah tentang kritik matan dan metode yang digunakannya dalam memahami hadis-hadis yang ta’arud (bertolak belakang) dari segi matannya. Pemikirannya tentang kritik matan sangat menarik pada masanya dan juga pada saat sekarang. Pada masanya trend penelitian hadis lebih fokus pada kritik sanad, seakan-akan otentitisitas sebuah hadis hanya semata ditentukan dari aspek transmisi sanad. Sementara Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah berpendapat bahwa otentisitas sebuah hadis tidak bisa semata ditentukan oleh aspek sanad saja, tetapi juga aspek matannya. Dalam konteks sekarang, di saat informasi tentang hadis-hadis Nabi Saw begitu mudah didapatkan melalui media berbasis jaringan internet bahkan tanpa terseleksi, pemikiran Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah tentang kritik matan dan metode memahami hadis yang ta’arud dari sisi matan tidak kehilangan momentumnya. Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah memberikan tiga belas kreteria hadis palsu sebagai upaya untuk menentukan otentisitas matan hadis. Sehingga temuan penelitian ini penting dengan melihat indikator-indikator hadis palsu masyarakat mudah mengetahui sedini mungkin terkait hadis yang matannya sahih atau palsu.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Hadith Interpretation (S1-Tafsir Hadith)
Depositing User: Dr. Nur Kholis
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:40
Last Modified: 07 Feb 2023 02:40
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39592

Actions (login required)

View Item View Item