Sikap mahasiswa non-science terhadap produk rekayasa genetik (PRG)

Ma'rifah, Destri Ratna and Purbosari, Purwanti Pratiwi (2021) Sikap mahasiswa non-science terhadap produk rekayasa genetik (PRG). Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of hasil cek similarity] Text (hasil cek similarity)
hasil cek_semnas bu tiwi 2021.pdf - Other

Download (1MB)
[thumbnail of hasil review artikel prosiding] Text (hasil review artikel prosiding)
hasil review artikel prosiding 2021.pdf

Download (797kB)

Abstract

Produk Rekayasa Genetik (PRG) merupakan salah satu aplikasi bioteknologi yang banyak menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sikap
mahasiswa dari program studi non-science terhadap produk rekayasa genetik. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner online melalui google form dan berhasil mendapatkan data dari 153 mahasiswa non-science. Data dianalisis menggunakan Mann-Whitney U test untuk melihat pengaruh kesukaan pada mata pelajaran biologi saat menempuh sekolah menengah terhadap sikap mahasiswa non-science pada produk rekayasa genetik. Berdasarkan Mann-Whitney U test diketahui bahwa terdapat perbedaan sikap terhadap produk rekayasa genetik yang signifikan antara mahasiswa non�science yang menyukai dan tidak menyukai mata pelajaran biologi saat menempuh sekolah menengah (U=1367.500, p<0,05). Mahasiswa non-science yang menyukai mata pelajaran biologi saat menempuh sekolah menengah (Mdn=47) memiliki sikap yang lebih baik terhadap produk rekayasa genetik dibandingkan dengan mahasiswa non-science yang tidak menyukai mata pelajaran biologi saat menempuh sekolah menengah (Mdn=43). Secara keseluruhan, mayoritas mahasiswa non-science memiliki sikap yang netral terhadap produk rekayasa genetik (75,16%). Sebanyak 18,30% mahasiswa memiliki sikap yang negatif, sementara itu sebanyak 6,54% mahasiswa memiliki sikap yang positif terhadap produk rekayasa genetik.

Item Type: Other
Keyword: mahasiswa non-science, sikap, produk rekayasa genetik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: M.Pd. Destri Ma'rifah
Date Deposited: 11 Aug 2023 13:42
Last Modified: 11 Aug 2023 13:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39615

Actions (login required)

View Item View Item