Upaya Mengurangi Nomophobia Melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT)

Sartika, Dewi and Hartanto, Dody and Fauziah, Mufied and Kuswindarti, Kuswindarti (2022) Upaya Mengurangi Nomophobia Melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT). JCOSE (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 4 (2). pp. 77-86. ISSN 2622-6057

[thumbnail of ARTIKEL_Fauziah_UpayaMengurangiNomophobiaMelaluiKonselingKelompokdenganPendekatanRationalEmotifBehaviourTherapy(REBT)TeknikSelfManagement.pdf] Text
ARTIKEL_Fauziah_UpayaMengurangiNomophobiaMelaluiKonselingKelompokdenganPendekatanRationalEmotifBehaviourTherapy(REBT)TeknikSelfManagement.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Fauziah_UpayaMengurangiNomophobia.pdf] Text
HASIL CEK_Fauziah_UpayaMengurangiNomophobia.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of PEER REVIEW_Fauziah_Upaya Mengurangi Nomophobia .pdf] Text
PEER REVIEW_Fauziah_Upaya Mengurangi Nomophobia .pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang upaya mengurangi nomophobia melalui konseling kelompok dengan pendekatan rational emotif behaviour therapy (REBT) teknik self management. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat nomophobia siswa mengalami penurunan setelah layanan konseling kelompok dengan pendekatan rational emotif behaviour therapy (REBT) teknik self management. Untuk mengurangi nomophobia siswa guru BK akan melaksanakan tindak lanjut mengenai konseling kelompok pendekatan rational emotif behaviour therapy (REBT) teknik self management, terutama pada aspek tidak dapat informasi karena pada aspek tersebut mengalami penurunan paling sedikit dibandingkan aspek yang lain. Bagi peneliti hal lain apabila menggunakan variabel nomophobia lebih difokuskan pada aspek tidak dapat informasi karena aspek tersebut mengalami penuruna yang paling sedikit. Hal tersebut karena banyak siswa yang menganggap bahwa informasi merupakan hal yang sangat penting dan merupakan kebutuhan pokok sehari - hari.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Nomophobia, konseling kelompok, pendekatan rational emotif behaviour therapy, self management
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: mufied fauziah
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:05
Last Modified: 13 Feb 2023 03:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39766

Actions (login required)

View Item View Item