Kepedulian Masyarakat terhadap Pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD) Saat Pandemi Covid 19 di Indonesia

Sulistyawati, Sulistyawati Kepedulian Masyarakat terhadap Pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD) Saat Pandemi Covid 19 di Indonesia. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 4. JURNAL VEKTOR.pdf] Text
4. JURNAL VEKTOR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kasus DBD terus meningkat akibat menurunya upaya pengendalian DBD karena pemerintah, tenaga kesehatan dan masyarakat fokus pda pengendalian Covid 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepedulian masyarakat terhadap pengendalian DBD pada saat pandemi Covid 19. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan desain survei. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling dengan 215 sampel di Indonesia. Data diambil secara online menggunakan google form pada bulan Mei sampai Juni 2021. Hasil menunjukkan bahwa hubungan antara jenis kelamin dengan semua variabel kepedulian masyarakat terhadap pengendalian DBD tidak terdapat hubungan yang signifikan (p value ≥ 0,05), dan mayoritas masyarakat bersedia dilibatkan dalam semua upaya pengendalian DBD. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan kesediaan menguras tempat penampungan air bersih di rumah (p value = 0,005) dan dengan prioritas pengendalian penyakit (p value = 0,002). Terdapat hubungan yang signifikan antara jenis pekerjaan dengan prioritas pengendalian penyakit (p value = 0,001). Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dengan kesediaan memeriksa jentik di rumah masing masing (p value = 0,015). Masyarakat memiliki kepedulian terhadap pengendalian DBD yang baik.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: PhD Sulistyawati Sulistyawati
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:10
Last Modified: 13 Feb 2023 04:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39788

Actions (login required)

View Item View Item