Penerapan Design Thinking dalam Pendidikan dan Tantangannya

Azhari, Imam and Imam Azhari, Imam Azhari and Imam Azhari, Imam Azhari Penerapan Design Thinking dalam Pendidikan dan Tantangannya. Times Indonesia. (Submitted)

[thumbnail of Penerapan Design Thinking dalam Pendidikan dan Tantangannya.pdf] Text
Penerapan Design Thinking dalam Pendidikan dan Tantangannya.pdf

Download (275kB)

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kemampuan siswa untuk mendemonstrasikan kapasitas mereka untuk menyelesaikan tugas yang secara tidak langsung menunjukkan kemampuan mereka untuk memecahkan masalah. Dalam mencapai keterampilan pemecahan masalah, siswa perlu mendapatkan bimbingan tentang cara menggali ide-ide dasar dan langkah-langkahnya, dan sekaligus mengukur bahwa hasilnya mencerminkan tingkat kreativitas mereka. Dalam pengertian ini, keterampilan design thinking menjadi penting untuk dipelajari karena terdiri atas urutan langkah proses yang fleksibel dan berulang. Oleh karena itu, design thinking dapat digunakan sebagai alat yang sesuai dalam pengajaran dan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan abad dua puluh satu, yakni kreatifitas.
Design thinking telah diterapkan dalam banyak kegiatan industri dan dunia komersial. Saat ini, minat terhadap desain tidak hanya meningkat di bidang desain produk atau layanan, tetapi design thinking juga telah dimanfaatkan ke sektor publik, dan banyak sektor lainnya. Sebagian besar minat dalam design thinking didasarkan pada kemampuannya untuk mengatasi berbagai masalah sosial, ekonomi, teknologi, dan politik yang merupakan bagian dari kompleksitas global baru.
Tulisan ini memaparkan penerapan design thinking dalam dunda pendidikan berikut peluang dan tantangannya, baik bagi guru maupun siswa.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: S.Si., M.C Imam Azhari
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:51
Last Modified: 14 Feb 2023 06:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39829

Actions (login required)

View Item View Item