PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI 3 JATILUHUR

Martaningsih, Sri Tutur (2021) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI 3 JATILUHUR. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of HASIL CEK_NASKAH 17.pdf] Text
HASIL CEK_NASKAH 17.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keikutsertaan siswa dalam pembelajaran masih dirasa kurang karena masih adanya siswa yang kurang semangat
dan termotivasi dalam mengikui pembelajaran. Hal ini yang kemudian mempengaruhi daya serap siswa. Oleh
karena itu, perlu adanya tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa
serta meningkatkan performansi guru. Hasil belajar merupakan perubahan yang diperoleh setelah orang tersebut
melakukan kegiatan belajar. Model Problem Based Learning dapat melibatkan siswa dalam memecahkan masalah
nyata. Model ini mengembangkan cara berpikir kritis dan keterampilan berpikir yang lebih tinggi. Jenis penelitian
yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, nilai
rata-rata kelas mencapai 70,18 sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II sebesar 80. Hasil penelitian ini berupa
data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa nilai hasil belajar siswa, sedangkan data kualitatif berupa
data aktivitas belajar siswa dan performansi guru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 13 Feb 2023 08:00
Last Modified: 13 Feb 2023 08:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39838

Actions (login required)

View Item View Item