Biosafety pada Laboratorium Biologi Sekolah Menengah Atas Se-Kota Yogyakarta

Sari, Maulida Ivana and Nisa, Rifda Khairun and Messy, Messy and Rahmawati, Senja Amalia and Saifuddin, Much. Fuad and Puspitasari, Etika Dyah (2022) Biosafety pada Laboratorium Biologi Sekolah Menengah Atas Se-Kota Yogyakarta. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4 (2). pp. 22-29. ISSN ISSN: 2714-8009 (Print) ISSN: 2715-7490 (Online)

[thumbnail of Peer review_Saifuddin_Bioeduca_Biosafety laboratorium biologi SMA.pdf] Text
Peer review_Saifuddin_Bioeduca_Biosafety laboratorium biologi SMA.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of Hasil cek_Bioeduca-Saifuddin-Biosafety_ Biology Laboratory_ Practice..pdf] Text
Hasil cek_Bioeduca-Saifuddin-Biosafety_ Biology Laboratory_ Practice..pdf

Download (2MB)

Abstract

Laboratorium biologi memiliki potensi besar menyebabkan kontaminasi atau menyebarkan penyakit, termasuk pada level laboratorium biologi SMA. Oleh karena itu, biosafetyperlu dipastikan terimplementasi guna mengurangi risikopaparanagen yang menyebarkan penyakit. Penelitian ini untuk mengetahui penerapan Biosafetydi Laboratorium Biologi SMAdi kota Yogyakarta. Pengambilan sampel sekolah secara random dari sekolah yang ada di kota Yogyakarta. Pengambilan data melalui wawancarasecara langsung terhadaplaboran atau guru biologi sekolah A, B, dan C. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkansekolah A,B,dan C telah menerapkanBiosafetysaat praktikum di laboratorium biologi. Hanya saja ada beberapa hal dari ketiga sekolah tersebut yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar menjadi laboratorium biologi sekolah dengan keamanan yang baik.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Biosafety, Laboratorium Biologi, Sekolah Menengah Atas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: S.Pd. M.Pd Much Fuad Saifuddin
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:43
Last Modified: 14 Feb 2023 02:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39872

Actions (login required)

View Item View Item