PENYUSUNAN E-BOOKLET SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS X MATERI PLANTAE DARIPENELITIAN ETNOBOTANI TRADISI MALAM SELIKURAN DI KAWASAN DEWI TINALAH KULON PROGO

Zulfaningrum, Rizki and Moro, Hendro Kusumo Eko Prasetyo (2023) PENYUSUNAN E-BOOKLET SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS X MATERI PLANTAE DARIPENELITIAN ETNOBOTANI TRADISI MALAM SELIKURAN DI KAWASAN DEWI TINALAH KULON PROGO. journal of comrehensif.

[thumbnail of rizki jurnal.pdf] Text
rizki jurnal.pdf

Download (473kB)

Abstract

Tradisi malam Selikuran adalah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di kawasan Dewi Tinalah Kulon Progo sebagai tanda syukur menunggu datangnya malam lailatul qadar. Tradisi malam Selikuran di Dusun Taman dilakukan setiap malam ke-21 di bulan Ramadhan. Tradisi malam Selikuran memanfaatkan tumbuhan sebagai sesajen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis tumbuhan, mengetahui pemanfaatan dan makna simbolis bagian tumbuhan, dan untuk mengetahui hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli media mengenai hasil penyusunan e-booklet.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di Dusun Taman, Desa Purwoharjo, Kecamatan Kapanewon, Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengambilan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar dokumen, dan lembar observasi. Menggunakan dua analisis data yaitu analisis data etnobotani berupa deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif sebagai penilaian sumber belajar. Hasil dari penelitian etnobotani digunakan dalam penyusunan sumber belajar berupa e-booklet dengan mengadopsi dari ADDIE sampai pada tahap development (Pengembangan).
Hasil penelitian pada tradisi malam Selikuran yang digunakan sebagai sesajen diperoleh 20 spesies tumbuhan dengan ciri-ciri umum yang dikelompokkan kedalam divisi Angiospermae. Tumbuhan yang diperoleh terdiri dari pandan, mawar merah, mawar putih, kenanga, kantil, sirih, cengkeh, kemenyan, singkong, kelapa, tembakau, bawang putih, jagung, cabai rawit, pisang, teh, gambir, padi, melati, dan aren. Bagian tumbuhan yang digunakan bunga, daun, batang, dan umbi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-booklet yang telah dinilai ahli materi mendapatkan skor 78,11% dan ahli media mendapatkan skor 85,41%.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: Rizki Zulfaningrum
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:46
Last Modified: 14 Feb 2023 07:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39897

Actions (login required)

View Item View Item