Bimbingan Kedamaian: Strategi Konselor Mereduksi Agresivitas Siswa

Fauziah, Mufied and Saputra, Wahyu Nanda Eka and Supriyanto, Agus and Astuti, Budi and Ayriza, Yulia and Belandina, Shanty Sofia (2022) Bimbingan Kedamaian: Strategi Konselor Mereduksi Agresivitas Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 8 (2). pp. 10-16. ISSN 2356-2102

[thumbnail of ARTIKEL_Fauziah_Bimbingan Kedamaian Strategi Konselor Mereduksi Agresivitas Siswa.pdf] Text
ARTIKEL_Fauziah_Bimbingan Kedamaian Strategi Konselor Mereduksi Agresivitas Siswa.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Fauziah_Bimbingan Kedamaian Strategi.pdf] Text
HASIL CEK_Fauziah_Bimbingan Kedamaian Strategi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PEER REVIEW_Fauziah_Bimbingan Kedamaian, Strategi Konselor .pdf] Text
PEER REVIEW_Fauziah_Bimbingan Kedamaian, Strategi Konselor .pdf

Download (337kB)

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah memaparkan dan menawarkan konsep baru dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang berguna untuk membantu individu mereduksi agresivitasnya, dengan implementasi bimbingan kedamaian. Metode yang digunakan adalah review litelatur dengan mengintegrasikan konsep pendidikan kedamaian dalam konseling. Data yang digunakan dalam penulisan artikel ini diperoleh dari berbagai litelatur yang meliputi buku, makalah seminar, dan jurnal baik dalam skala nasional maupun internasional. Jenis data yang digunakan meliputi data yang sifatnya kuantitatif dan kualitatif yang dipilih sesuai dengan topik artikel yang diangkat, yaitu Bimbingan Kedamaian. Temuan pokok dalam artikel ini adalah pendidikan kedamaian kedamaian dapat diimplementasikan Konselor sekolah dengan mengimplementasikan bimbingan kedamaian berupaya untuk melakukan proses psikoedukasi terhadap siswa untuk berpikir damai. Kedamaian siswa dalam berpikir ini akan menunjang mereka mereduksi agresivitas yang sering muncul pada diri mereka. Temuan ini seyogyanya menjadi bahan kajian bagi penelitian selanjutnya untuk menguji secara empiris kebergunaan bimbingan kedamaian dalam mereduksi agresivitas siswa.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: agresivitas, pendidikan kedamaian, bimbingan kedamaian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: mufied fauziah
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:49
Last Modified: 14 Feb 2023 07:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39899

Actions (login required)

View Item View Item