Developing a Peace Guidance Book to Alleviate Student Aggressiveness

Saputra, Wahyu Nanda Eka and Nurani, Wike and Fauziah, Mufied (2021) Developing a Peace Guidance Book to Alleviate Student Aggressiveness. JKBK, 6 (2). pp. 71-79. ISSN 2503-3417

[thumbnail of ARTIKEL_Fauziah_Developing a Peace Guidance Book to Alleviate Student Aggressiveness.pdf] Text
ARTIKEL_Fauziah_Developing a Peace Guidance Book to Alleviate Student Aggressiveness.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Fauziah_Developing a Peace Guidance.pdf] Text
HASIL CEK_Fauziah_Developing a Peace Guidance.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of PEER REVIEW_Fauziah_Developing a Peace Guidance .pdf] Text
PEER REVIEW_Fauziah_Developing a Peace Guidance .pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan buku panduan bimbingan kedamaian sebagai media bagi konselor sekolah dalam mereduksi agresivitas siswa. Penelitian menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi model Borg dan Gall yang mencakup tiga tahap, yaitu identifikasi kebutuhan dan permasalahan agresivitas, menyusun draf hipotetik produk, dan penilaian ahli serta pengguna terhadap produk. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan tingkat agresivitas. Selain itu, penelitian ini menggunakan inter-rater reliability (IRR) koefisien Cohens’s Kappa untuk mengidentifikasi kesepakatan ahli dan pengguna terhadap kelayakan produk. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa agresivitas perlu mendapat perhatian lebih dari konselor sekolah, salah satunya dengan mengimplementasikan bimbingan kedamaian. Buku panduan yang dikembangkan mendapat penilaian dari dua ahli bimbingan dan konseling yang memiliki rekam jejak di pengembangan media bimbingan dan konseling. Penilaian dari pengguna diperoleh dari dua konselor sekolah yang telah memiliki sertifikat pendidik. Berdasarkan penilaian ahli dan pengguna, buku panduan bimbingan kedamaian dikategorikan layak digunakan oleh konselor sekolah untuk mereduksi agresivitas siswa. Hasil penelitian ini seyogianya dapat menjadi bahan dan pertimbangan bagi penelitian selanjutnya untuk melakukan uji keefektifan buku panduan bimbingan kedamaian dalam mereduksi agresivitas siswa secara empiris.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: agresivitas; kedamaian; bimbingan kedamaian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: mufied fauziah
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:50
Last Modified: 14 Feb 2023 07:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39900

Actions (login required)

View Item View Item