REDUCTION OF COD, pH AND PHOSPHATE LEVELS IN LAUNDRY WASTEWATER USING MULTI SOIL LAYERING (MSL) METHOD

Rahayu, Aster and Maryudi, Maryudi and NURAINI, NURAINI and Amrillah, Nafira Alfi Zaini and Mulyadi, Irwan and Hanum, Farrah Fadhillah (2022) REDUCTION OF COD, pH AND PHOSPHATE LEVELS IN LAUNDRY WASTEWATER USING MULTI SOIL LAYERING (MSL) METHOD. [Artikel Dosen]

[thumbnail of REDUCTION OF COD_merged.pdf] Text
REDUCTION OF COD_merged.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Similiarity Artikel 20-2.pdf] Text
Similiarity Artikel 20-2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan jasa laundry berbanding lurus dengan penggunaan detergen. Detergen merupakan produk pembersih yang mengandung COD dan fosfat dalam kadar tinggi. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah Multi Soil Layering (MSL). Penelitian ini berfokus pada pengaruh laju alir terhadap penurunan pH, COD, dan kadar fosfat pada limbah laundry industri. MSL dipasang menggunakan campuran tanah andosol dan arang aktif dari tempurung kelapa. Air limbah laundry dimasukkan ke dalam MSL dengan debit aliran: 10, 50, dan 100 mL/menit. Sistem degradasi sampah ditempatkan secara anaerobik dengan mengoptimalkan proses anaerobik di tanah andosol. Kadar pH, COD, dan fosfat dicapai pada 7, 90,9%, dan 80,7% dengan mengalirkan limbah industri laundry ke dalam sistem MSL. Metode MSL ini memiliki waktu tinggal 266 menit untuk laju alir 100 mL/menit, 532 menit untuk laju alir 50 mL/menit dan 2660 untuk laju alir 10 mL/menit.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: MSL; Fosfat; COD; Industri Laundry; Tanah Andosol
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S2-Chemical Engineering(S2-Teknik Kimia)
Depositing User: Ph.D Aster Rahayu
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:16
Last Modified: 31 Mar 2023 01:40
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39947

Actions (login required)

View Item View Item