Degradasi remazol yellow FG dengan katalis oksida besi/karbon aktif dengan metode fotokatalis

Rahayu, Aster and Juliantri, Lindi and Amalia, Rahma Yunita (2022) Degradasi remazol yellow FG dengan katalis oksida besi/karbon aktif dengan metode fotokatalis. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Degradasi remazol yellow FG dengan katalis oksida besi.pdf] Text
Degradasi remazol yellow FG dengan katalis oksida besi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Similiarity  Artikel 13-4.pdf] Text
Similiarity Artikel 13-4.pdf

Download (2MB)

Abstract

Industri dan produk tekstil di Indonesia adalah salah satu penyumbang terbesar dalam peningkatan perekonomian. Namun perkembangan industri yang pesat ini berbanding terbalik dengan keseimbangan lingkungan hidup. Salah satu yang menjadi masalah utama dari limbah cair yang dihasilkan industri tekstil yaitu berupa zat warna. Umumnya limbah cair yang dibuang industri tekstil termasuk senyawa organik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme dengan cepat sehingga dapat menyebabkan polutan bagi lingkungan terutama ekosistem perairan. Beberapa metode yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kandungan zat warna dalam limbah industri tekstil antara lain metode biologi, koagulasi, elektrokoagulasi, adsorpsi, ozonisasi, klorinasi. Namun, dari beberapa metode tersebut kurang efektif dalam mengatasi limbah zat warna tekstil bahkan seringkali menimbulkan persoalan baru bagi lingkungan. Salah satu metode pengolahan yang saat ini sedang dikembangkan untuk mendegradasi warna pada limbah cair yakni metode fotokatalis lampu UV-sinar matahari. Metode fotokatalis lampu UV-sinar matahari ini menggunakan oksidasi besi/karbon aktif sebagai katalis. Pengolahan sampel warna dilakukan dengan memvariasikan waktu penyinaran, konsentrasi katalis dan memvariasikan jenis sinar. Variabel tersebut diaplikasikan pada larutan sampel 200 ml dengan penambahan katalis sebesar 0,1 gram pada waktu penyinaran selama 1 jam, 2 jam, 3 jam, 4 jam, dan 5 jam penyinaran lampu UV dan sinar matahari. Kondisi ini menghasilkan penurunan absorbansi tertinggi pada konsentrasi katalis 4 % FE dalam katalis karbon aktif dengan lama penyinaran matahari selama 5 jam. Persentase penurunan yang telah dihasilkan mencapai 97,06 % dengan menggaplikasikannya pada sampel limbah tenun.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: Fe2O3, Fotokatalis, Karbon Aktif, Remazol Yellow FG
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Chemical Engineering (S1-Teknik Kimia)
Depositing User: Ph.D Aster Rahayu
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:26
Last Modified: 31 Mar 2023 01:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39951

Actions (login required)

View Item View Item