Teknologi Pengolahan Kandungan Kromium dalam Limbah Penyamakan Kulit Menggunakan Proses Adsorpsi: Review

Rahayu, Aster and Syauqi, Refah and Islami, Muhammad Kresna (2021) Teknologi Pengolahan Kandungan Kromium dalam Limbah Penyamakan Kulit Menggunakan Proses Adsorpsi: Review. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Teknologi pengolahan kromium.pdf] Text
Teknologi pengolahan kromium.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of Similiarity  Artikel 7.pdf] Text
Similiarity Artikel 7.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi pada industri-industri saat ini adalah pengolahan limbah yang tidak sempurna. Salah satu jenis industri yang memerlukan perhatian serta pengolahannya adalah limbah yang mengandung kromium seperti pada industri penyamakan kulit. Limbah penyamakan kulit masih menyisihkan logam-logam berbahaya dalam limbahnya seperti logam berat kromium (Cr). Kromium yang digunakan untuk menghasilkan olahan kulit yang lebih halus. Sekitar 30-40% kromium akan terbawa dalam limbah cair penyamakan. Tingginya kadar kromium yang tersisa dan terbawa dalam limbah dapat menyebabkan toksisitas akut dan kronis terhadap lingkungan bahkan juga sangat berbahaya terhadap mahluk hidup. Salah satu penanganannya adalah dengan menggunakan metode adsorpsi yang dimana merupakan salah satu metode alternatif dengan berbagai keuntungan yang ada. Biaya penanganan yang relatif murah, proses yang sederhana, dan kemungkinan dapat didaur ulang merupakan beberapa keuntungan dari proses adsorbsi. Selain itu, proses adsorbsi dapat dimaksimalkan dengan menggunakan adsorben yang memiliki spesifikasi potensi tertentu terhadap penyerapan kromium. Artikel ini me-review perbandingan metode adsorbsi batch dan kontinyu pada proses pengolahan kandungan kromium dalam limbah penyamakan kulit.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: air limbah, adsorbsi batch, adsorbsi kontinyu, kromium (Cr), adsorben
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Chemical Engineering (S1-Teknik Kimia)
Depositing User: Ph.D Aster Rahayu
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:26
Last Modified: 31 Mar 2023 01:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39952

Actions (login required)

View Item View Item