Perbedaan self-regulated learning siswa SMP di Yogyakarta berdasarkan keberadaan kedua orang tua

Saputra, Wahyu Nanda Eka (2019) Perbedaan self-regulated learning siswa SMP di Yogyakarta berdasarkan keberadaan kedua orang tua. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9 (1). ISSN ISSN: 2088-3072 (Print) / 2477-5886 (Online)

[thumbnail of Bukti korespondensi_Perbedaan self-regulated learning siswa SMP di Yogyakarta berdasarkan keberadaan kedua orang tua.pdf] Text
Bukti korespondensi_Perbedaan self-regulated learning siswa SMP di Yogyakarta berdasarkan keberadaan kedua orang tua.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan komparasi tingkat self-regulated learning siswa yang tinggal bersama kedua orang tuanya dengan siswa yang tinggal jauh dari kedua orang tuanya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 402 siswa SMP di Yogyakarta yang diambil secara stratified random sampling. Komposisi sampel penelitian terdiri dari 150 siswa tinggal jauh dari orang tuanya dan 252 siswa tinggal bersama kedua orang tuanya. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat self-regulated learning adalah skala self-regulated learning. Penelitian ini menggunakan Independent Sample T-Test sebagai teknik analisis datanya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa yang tinggal dengan kedua orang tuanya memiliki tingkat self-regulated learning cenderung sama dengan siswa yang tinggal jauh dari kedua orang tuanya. Hasil penelitian ini merekomendasikan dilakukan identifikasi penyebab tidak adanya perbedaan self-regulated learning pada siswa yang tinggal bersama orang tuanya dengan siswa yang tinggal jauh dari orang tuanya.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Wahyu Nanda Eka Saputra
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:36
Last Modified: 17 Feb 2023 07:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39967

Actions (login required)

View Item View Item