ANALISIS KEAMANAN WEBSITE PADA PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

Abdillah, M. Afif (2023) ANALISIS KEAMANAN WEBSITE PADA PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. [Laporan KP]

[thumbnail of Laporan praktik magang M.Afif Abdillah (1900018238)] Text (Laporan praktik magang M.Afif Abdillah (1900018238))
KP_1900018238_M. Afif Abdillah_N_MK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktik magang merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus dijalankan oleh mahasiswa Jurusan Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan. Magang ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang aktivitas yang terjadi dalam dunia industri atau perusahaan dan dapat menunjang pengetahuan secara teoritis dari materi perkuliahan. Praktik magang merupakan kegiatan akademik yang dilakukan oleh mahasiswa/I dengan melaksanakan praktik secara langsung pada lembaga atau instansi.
Praktik magang bertujuan agar mahasiswa/i dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama masa pendidikan di perguruan tinggi dan masa pelatihan dan kesiapan untuk menerapkan di dunia kerja, seperti di Perpustakaan Nasional RI dimana nantinya diharapkan dapat menerapkan ilmu teori yang diperoleh di perkuliahan selama ini.
Praktik magang ini dilakukan di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di bagian Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) di bidang information security. Information security (keamanan informasi) merupakan sekumpulan metodologi, praktik, ataupun proses yang dilakukan demi melindungin informasi digital atau informasi analog yang dimiliki instansi. Seorang yang bekerja dibidang ini bertanggung jawab untuk melakukan perlindungan informasi data dan aset, melakukan proses keamanan informasi tertentu, memperkirakan resiko keamanan yang akan terjadi, memanajemen setiap aktivitas yang berkaitan dengan keamanan informasi. Salah satu implementasi penggunaan keilmuan informatika di PERPUSNAS ialah untuk melakukan analisis keamanan website yang biasa digunakan untuk pelayanan di PERPUSNAS. Banyak nya aktifitas pekerjaan membuat tidak sempatnya pegawai di bidang keamanan informasi PUSDATIN untuk melakukan analisis dan pengecekan terhadap website yang ada diperpusnas juga yang menjadi kendala bagi tim keamanan informasi di bagian PUSDATIN untuk dapat melakukan analisis dan kemudian melakukan maintenance, tujuan dilakukan pengecekan ialah untuk diadakannya perawatan ataupun maintenance terhadap website yang ada di perpusnas RI.

Item Type: Laporan KP
Additional Information: Laporang Kerja praktik / praktik magang
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: M. Afif Abdillah
Date Deposited: 17 Feb 2023 04:01
Last Modified: 17 Feb 2023 04:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39970

Actions (login required)

View Item View Item