PERLINDUNGAN INDIKASI GEOGRAFIS OLEH MASYARAKAT PERLINDUNGAN INDIKASI GEOGRAFIS PASCA SERTIFIKASI DI YOGYAKARTA (Protection of Geographical Indication by Geographical Indication Protection Community (MPIG) Post-Certification in Yogyakarta)

Putranti, Deslaely and Indriyani, Dewi Analis PERLINDUNGAN INDIKASI GEOGRAFIS OLEH MASYARAKAT PERLINDUNGAN INDIKASI GEOGRAFIS PASCA SERTIFIKASI DI YOGYAKARTA (Protection of Geographical Indication by Geographical Indication Protection Community (MPIG) Post-Certification in Yogyakarta). [Artikel Dosen]

[thumbnail of Plagiarism Check Perlindungan IG Pasca Sertifikasi.pdf] Text
Plagiarism Check Perlindungan IG Pasca Sertifikasi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Indikasi Geografis (IG) pada produk selama ini diklaim sebagai produk premium yang dapat meningkatkan pendapatan jika digunakan dan dilindungi dengan baik. Namun, tidak semua produk IG yang terdaftar mengalami kenaikan harga secara signifikan pasca sertifikasi seperti Salak Pondoh Sleman dan IG Batik Tulis NitikYogyakarta. Metode mengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara secara virtual, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah sertifikasi IG, MPIG Salak Pondoh Sleman sampai saat ini belum menunjukkan peningkatan, khususnya pada nilai tambah dari hasil produksi salak. Faktor yang sangat mempengaruhi adalah kurangnya pemahaman terkait Indikasi Geografis, baik pedagang maupun konsumen. Masyarakat belum mampu membedakan antara salak yang sudah tersertifikasi IG maupun tidak tersertifikasi. Ketidakjelasan fungsi dan tumpang tindih antara MPIG dan asosiasi sebagai “managing group” pada IG Salak Pondoh Sleman membuat pengelolaan IG Salak Pondoh Sleman tidak maksimal. Sebaliknya, MPIG Batik Tulis Nitik Yogyakarta justru mengalami peningkatan hasil produksi hingga lebih dari 50%. Saat pandemi, MPIG Batik Tulis Nitik Yogyakarta tetap produktif karena kekompakan dan komunikasi yang baik antara MPIG Batik Tulis Nitik Yogyakarta dengan para stakeholder serta penanaman edukasi pentingnya IG dan kecintaan terhadap seni khas daerah tersebut.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: indikasi geografis; kekayaan intelektual; MPIG; peningkatan pendapatan; pasca sertifikasi
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > Faculty of Law (FH) Doc
Depositing User: Deslaely Putranti
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:20
Last Modified: 20 Feb 2023 03:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40007

Actions (login required)

View Item View Item