Strategi pembelajaran daring berbasis multimedia saat pandemi covid-19 di SD Muhammadiyah Noyokerten

Dewi, Kirana Prama (2022) Strategi pembelajaran daring berbasis multimedia saat pandemi covid-19 di SD Muhammadiyah Noyokerten. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5 (2). pp. 109-123. ISSN e-ISSN: 2614-1620

[thumbnail of HASIL CEK] Text (HASIL CEK)
HASIL CEK_Dewi_Strategi, Pembelajaran Daring, Multimedia, Pandemi Covid-19 ok.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of PEER REVIEW] Text (PEER REVIEW)
Peer Review_Dewi_Strategi, Pembelajaran Daring, Multimedia, Pandemi Covid 19.pdf - Published Version

Download (545kB)

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah-langkah strategi pembelajaran daring berbasis multimedia, mengetahui tantangan apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menyusun strategi pembelajaran daring berbasis multimedia, dan mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menyusun strategi pembelajaran daring berbasis multimedia di SD Muhammadiyah Noyokerten. Hasil yang diperoleh yaitu penyusunan strategi pembelajaran daring berbasis multimedia di SD Muhammadiyah Noyokerten saat pandemi covid-19, guru menggunakan platform berbasis online seperti whatsapp, google classroom, google form, quizizz, google meet dan zoom. Dengan strategi pembelajaran daring melalui pendekatan blended learning, flip learning dan hybrid learning. Tantangan guru diantaranya guru dituntut untuk mahir dalam bidang teknologi serta dituntut untuk menjalin kerjasama dengan orangtua peserta didik. Hambatan guru yaitu kesulitan penyamaan konsep pemahaman antara guru dan peserta didik, keterbatasan akses internet, dan harga kuota internet yang mahal.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Strategi, Pembelajaran Daring, Multimedia, Pendemi Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kirana Prama Dewi
Date Deposited: 21 Feb 2023 06:02
Last Modified: 21 Feb 2023 06:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40045

Actions (login required)

View Item View Item