Program peningkatan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi di SD Semuten, Jatimulyo, Dlingo, Bantul Periode 100 Divisi I.A.1 TA 2022/2023

Ulfah, Annisa (2022) Program peningkatan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi di SD Semuten, Jatimulyo, Dlingo, Bantul Periode 100 Divisi I.A.1 TA 2022/2023. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of Program peningkatan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi di SD Semuten, Jatimulyo, Dlingo, Bantul_I.A.1_KKN REGULAR 100.pdf] Text
Program peningkatan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi di SD Semuten, Jatimulyo, Dlingo, Bantul_I.A.1_KKN REGULAR 100.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.A.1_KKN REGULAR 100.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.A.1_KKN REGULAR 100.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Program ini merupakan transformasi dari Program Kampus Mengajar Perintis yang bertujuan untuk memberikan solusi bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdampak pandemi dengan memberdayakan para mahasiswa untuk membantu para guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Program Kampus Mengajar ini mengajak para mahasiswa sebagai agen perubahan (agent of change) diharapkan akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di jenjang SD dan SMP khususnya di bidang literasi dan numerasi.

Program Kampus Mengajar Angkatan 4 ditugaskan untuk mengajar, membantu teknologi, dan membantu administrasi sekolah dan guru. Salah satu sekolah yang menjadi tempat Kampus Mengajar yaitu di SD Semuten, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Mahasiswa membantu dalam meningkatkan minat belajar pasca pandemi. Hasil dari program ini yaitu menanamkan rasa empati dan sikap peduli terhadap permasalahan kehidupan di masyakarat sekitar, mengasah keterampilan dan berfikir dalam bekerjasama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, mengembangkan wawasan,karakter dan softskills mahasiswa.

Kegiatan program kerja secara keseluruhan tercapai dengan baik serta dapat beberapa tambahan program kerja seperti asistensi pembelajaran bersama guru kelas, jam tambahan pembelajaran literasi dan numerasi, administrasi perpustakaan, kegiatan fun learning, literasi digital dan literasi pagi. Dengan berakhirnya Program Kampus Mengajar, diharapkan SD Semuten dapat terus mengembangkan segala potensi yang ada, serta program kerja yang telah dijalankan dapat dilaksanakan secara keberlanjutan dan dapat ditingkatkan kembali.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Annisa Aulia
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:49
Last Modified: 22 Feb 2023 03:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40051

Actions (login required)

View Item View Item