PERMASALAHAN PSIKOSOSIAL DAN PSYCHOLOGICAL WELLBEING PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH DI BANTUL

Widuri, Erlina Listyanti and Hidayati, Erny PERMASALAHAN PSIKOSOSIAL DAN PSYCHOLOGICAL WELLBEING PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH DI BANTUL. Artikel Umum. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan akhir-kirim.pdf] Text
Laporan akhir-kirim.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan Psikososial dan Psychological Wellbeing Pada Siswa SMP Muhammadiyah di Bantul
Erlina Listyanti Widuri, Erny Hidayati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara permasalahan psikososial dengan psychological wellbeing pada siswa SMP Muhammadiyah Bantul. Subjek penelitian adalah remaja kelas 1 SMP yang sekolah di SMP Muhammadiyah Sewon Bantul sebanyak 61 siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Tes Inventori Kepribadian Klinis Remaja (IKKR) dan Skala Psychological Wellbeing. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi.
Hasil analisis data dapat diketahui koefisien regresi antara permasalahan psikososial dan psychological wellbeing sebesar F = 2,466 dengan koefisien determinant sebesar 0,183 (R2) dengan taraf signifikansi koefisien regresi sebesar p = 0,044 (p < 0,05). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara permasalahan psikososial dengan psychological wellbeing.
Kesimpulan yang diperoleh adalah ada hubungan antara Permasalahan Psikososial (identity diffusion, self devaluation, body disapproval, sexual discomfort, dan peer insecurity) dengan Psychological Wellbeing pada siswa SMP Muhammadiyah di Bantul. Ada hubungan negatif yang signifikan antara Identity Diffusion, Self-Devaluation, Body Disapproval, Sexual Discomfort, Peer Insecurity dengan Psychological Wellbeing. Diperoleh hasil yang berbeda untuk variabel sexual discomfort, terdapat hubungan positif yang signifikan antara sexual discomfort dengan psychological wellbeing.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Permasalahan Psikososial, Psychological Wellbeing, Remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Erlina Listyanti Widuri
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:57
Last Modified: 22 Feb 2023 01:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40068

Actions (login required)

View Item View Item