PENELITIAN HIBAH BERSAING : MEDIA PROMOSI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERILAKU YANG SEHAT (R&D LEVEL III: UJI COBA LAPANGAN TERBATAS)

Djannah, Sitti Nur (2020) PENELITIAN HIBAH BERSAING : MEDIA PROMOSI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERILAKU YANG SEHAT (R&D LEVEL III: UJI COBA LAPANGAN TERBATAS). Project Report. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

[thumbnail of Hibah internal UAD 2019.pdf] Text
Hibah internal UAD 2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini masalah yang mengkhawatirkan pada remaja dapat dilihat dari hasil
survei perilaku berisiko pada remaja. Berdasarkan Survei Demografi Kesehatan
Indonesia Kesehatan Reproduksi Remaja Indonesia (SDKI-KRR) tahun 2012, perilaku
berisiko tinggi terhadap kesehatan pada remaja, salah satunya adalah perilaku seksual.
Hal tersebut perlu mendapat perhatian, salah satunya diperlukan suatu media promosi
kesehatan. Hasil SDKI tahun 2017, tentang bentuk bentuk media sosial yang paling
banyak dipilih oleh anak muda dalam mengakses informasi kesehatan, , menunjukkan
media elektronik lebih menarik dan lebih banyak dipilih sebagai media promosi
kesehatan, khususnya di bidang kesehatan. Dengan demikian dalam mengatasi perilaku
kesehatan reproduksi pada remaja perlu dikembangkan media promosi kesehatan
reproduksi jenis media elektronik. Terdapat media elektronik dalam mengatasi
permasalahan perlaku seks remaja yang telah diajukan untuk mendapatkan lesensi hak
cipta (Djannah, S., 2019). Media tersebut sudah tersedia tetapi belum dilakukan
langkah-langkah tertentu yang bersifat logis (langkah-langkah secara sistematis).
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menguji produk media promkes
kesehatan reproduksi remaja yang sudah ada dengan penelitian R&D level II pada
lapangan terbatas, yaitu dilakukan uji di 3 sekolah serta untuk menghasilkan revisi
produk media promkes kesehatan reproduksi remaja yang sudah ada.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini
menggunakan level II yaitu menguji untuk mengembangkan produk media
promobbbsi kesehatan reproduksi remaja (Djannah, 2015) yang telah ada, Produk
awal tersebut diuji lapangan secara terbatas (preliminary field testing). Kemudian
dihasilkan revisi I produk media promosi kesehatan KRR. Menurut Sugiyono ( 2016),
Uji produk dengan lapangan terbatas, dilakukan di 3 sekolah
Tehnik pengumpulan data secara kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data
kuisioner secara terstruktur menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku
seks remaja. Secara kualitatif dengan tehnik wawancara terstruktur tentang pendapat
media promosi KRR yang digunakan sebagai alat intervensi. Analisis data digunakan
untuk memecahkan penelitian. Analisis data kuantitaif dengan uji Paired T Test,
menganalisis pengaruh pemberian media promosi KRR sebelum dan setelah intervensi,
baik pada tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku KRR pada remaja di tiga sekolah
(SMA di Kota Yogyakarta). Analisis data kualitatif tentang pendapat kelayakan media
promosi KRR oleh pengguna, yang digunakan sebagai alat intervensi perlu tambahan
materi atau sesuatu yang menjadi masukan untuk kebaikan revisi media promkes KRR

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: Dra Sitti Nur Djannah
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:26
Last Modified: 23 Feb 2023 08:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40146

Actions (login required)

View Item View Item