Faktor Risiko Higiene dan Sanitasi Penjamah Makanan Di Warung Makan Pasar Tradisional Adiwerna Kabupaten Tegal

Sulistyawati, Sulistyawati and Farkhati, Dwi Utami and Mulasari, Surahma Asti (2022) Faktor Risiko Higiene dan Sanitasi Penjamah Makanan Di Warung Makan Pasar Tradisional Adiwerna Kabupaten Tegal. [Artikel Dosen] (Unpublished)

[thumbnail of 7. ADIWERNA.pdf] Text
7. ADIWERNA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kasus keracunan makanan masih menjadi masalah kesehatan di dunia dan Indonesia hingga sekarang ini. Higiene dan sanitasi makanan merupakan upaya pengendalian terhadap faktor makanan meliputi tempat, peralatan makanan, orang, dan bahan makanan yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau masalah kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor risiko yang berhubungan dengan higiene dan sanitasi penjamah makanan di warung makan Pasar Tradisional Adiwerna Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel penelitian yaitu penjamah makanan di warung makan Pasar Tradisional Adiwerna Kabupaten Tegal dengan jumlah 39 penjamah makanan dari 34 warung makan. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Analisis data yang digunakan analisis univariat, bivariat menggunakan uji Chi-square, dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik berganda. Hasil uji statistik penelitian menunjukkan ada hubungan tingkat pendidikan (p= 0,001), pengetahuan (0,002), sikap (p= 0,000) dengan higiene dan sanitasi penjamah makanan. Tidak ada hubungan umur (p= 0,257), masa kerja (p= 0,076), keikutsertaan pelatihan (p= 0,487) dengan higiene dan sanitasi penjamah makanan. Faktor yang paling berhubungan dengan higiene dan sanitasi penjamah makanan yaitu sikap (p= 0,037), sedangkan tingkat pendidikan (p= 0,158), masa kerja (0,328), dan pengetahuan (0,055) tidak ada hubungan dengan higiene dan sanitasi penjamah makanan. Simpulan penelitian ini yaitu ada hubungan antara tingkat pendidikan, pengetahuan, dan sikap mengenai higiene dan sanitasi penjamah makanan. Tidak ada hubungan antara umur, masa kerja, dan keikutsertaan pelatihan dengan higiene dan sanitasi penjamah makanan. Faktor yang paling berhubungan yaitu sikap mengenai higiene dan sanitasi penjamah makanan di warung makan Pasar Tradisional Adiwerna Kabupaten Tegal.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: PhD Sulistyawati Sulistyawati
Date Deposited: 23 Feb 2023 09:07
Last Modified: 23 Feb 2023 09:07
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40152

Actions (login required)

View Item View Item