Penyusunan Handout Pengaruh Konsentrasi Asap Cair Terhadap Jumlah Bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. Pada Daun Pisang Cavendish Siap Ekspor Sebagai Bahan Ajar Biologi SMA Kelas X Materi Bakteri

Prastowo, Indro and sasmita, trisna Penyusunan Handout Pengaruh Konsentrasi Asap Cair Terhadap Jumlah Bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. Pada Daun Pisang Cavendish Siap Ekspor Sebagai Bahan Ajar Biologi SMA Kelas X Materi Bakteri. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Daun Pisang.docx] Text
Daun Pisang.docx

Download (245kB)

Abstract

Daun pisang Cavendish menjadi komoditas ekpor dengan harga jual tinggi di Jepang, namun mengalami kendala dengan adanya cemaran bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp., penggunaan asap cair dapat digunakan dalam mengurangi jumlah bakteri tersebut. Hasil penelitian pengaruh konsentrasi asap cair terhadap jumlah bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. pada daun pisang Cavendish siap ekspor dijadikan sebagai sumber materi yang relevan dalan penyusunan bahan ajar. Bahan ajar merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Namun, penggunaan bahan ajar masih kurang bervariatif, sehingga perlu adanya pengembangan bahan ajar berbasis hasil penelitian yaitu dalam bentuk handout. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas penyusunan bahan ajar handout yang berdasarkan hasil penelitian serta untuk mengetahui pengaruh penggunan asap cair terhadap jumlah bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. pada daun pisang Cavendish siap ekspor serta.
Metode penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu penelitian eksperimen dan penyusunan bahan ajar. Penelitian eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan penggunaan asap cair. (0%, 1%, 3%, 5%, dan 7%) dengan 3 ulangan. Jumlah bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp.dihitung menggunakan metode Total plate count (TPC) . Data hasil penelitian diolah dengan analisis varian (One Way Annova) dan dilanjutkan uji Duncan. Hasil penelitian dianalisis potensinya sebagai sumber belajar dan kemudian disusun sebagai bahan ajar berupa handout kemudian diberi penilaian oleh ahli pendidikan biologi dan dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui kelayakan Handout yang disusun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis kualitas bahan ajar handout yang disusun berdasarkan hasil penelitian menghasilkan nilai rerata 74,66% dengan kategori baik. Asap cair mampu mengurangi jumlah bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. ditandai dengan penurunan jumlah bakteri. Konsentrasi asap cair paling berpengaruh dalam mengurangi jumlah bakteri adalah pada konsentrasi 7%.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: SE, M.Sc Rikha Muftia Khoirunnisa
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:21
Last Modified: 23 Feb 2023 08:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40158

Actions (login required)

View Item View Item