FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN DAMPAK KEBAHAGIAAN PADA IBU BEKERJA

Widuri, Erlina Listyanti and Hidayati, Erny FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN DAMPAK KEBAHAGIAAN PADA IBU BEKERJA. Laporan Penelitian. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Akhir Kebahagiaan- eprint.pdf] Text
Laporan Akhir Kebahagiaan- eprint.pdf

Download (751kB)

Abstract

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN DAMPAK KEBAHAGIAAN PADA
IBU BEKERJA
Erlina Listyanti Widuri dan Erny Hidayati ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan dan dampak kebahagiaan pada ibu bekerja dengan menggunakan pendekatan Indigenous. Responden dalam penelitian ini harus memenuhi kriteria sebagai berikut ibu yang bekerja di luar rumah yang tinggal di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan memiliki keluarga lengkap yaitu memiliki suami dan anak. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 119 ibu yang berusia 28- 61 tahun.
Pengumpulan data menggunakan Google Form yang berisi pertanyaan factor-faktor apa saja yang mempengaruhi kebahagian dan apa dampak kebahagiaan. Selanjutnya dilakukan analisis data, meliputi pembuatan kategori atas informasi yang diperoleh (open coding), memilih salahsatu kategori dan menempatkannya dalam satu model teoritis (axial coding), lalu merangkai sebuah cerita dari hubungan antar-kategori (selective coding).
Berdasarkan hasil analisis data bahwa ada lima faktor yang mempengaruhi kebahagiaan, yaitu keluarga, pribadi/individu, sosial, pekerjaan/tugas/tanggung jawab dan religiusitas. Ada 6 dampak kebahagiaan pada ibu yangbekerja, yaitu kesehatan, kehidupan individu, keluarga, kehidupan sosial, pekerjaan dan religiusitas.
Kata Kunci : Kebahagiaan; Ibu Bekerja; Indigenous

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Kebahagiaan; Ibu Bekerja; Indigenous
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Erlina Listyanti Widuri
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:25
Last Modified: 24 Feb 2023 07:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40167

Actions (login required)

View Item View Item