ANALISIS PEMANTAUAN HARGA BAHAN PANGAN POKOK MELALUI PELAKSAAN PANEL HARGA DI DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN D.I. YOGYAKARTA

Ayu, Evinanda (2021) ANALISIS PEMANTAUAN HARGA BAHAN PANGAN POKOK MELALUI PELAKSAAN PANEL HARGA DI DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN D.I. YOGYAKARTA. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1800033061_JUDUL.pdf] Text
KP_1800033061_JUDUL.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of KP_1800033061_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_1800033061_ISI LAPORAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pangan merupakan segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diperuntukan sebagai makanan atau minuman bagi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan atau pembuatan makanan ataui minuman. Menurut peraturan pemerintah No. 68 tahun 2002 ketahanan pangan merupakan dimana kondisi masyarakt di daerah tersebut dapat terpenuhi dalam bidang pangan bagi rumah tangga yang terlihat tersedianya pangan yang sangat cukup untuk jumlah yang banyak maupun, kualitas, aman, merata dan dapat di jangkau oleh semua masyarakat. Perubahan harga pangan menjadi salah satu penyumbang terbesar terhadap inflasi. Data-data perkembangan kondisi harga pangan pokok pada setiap saat sangat diperlukan dalam rangka untuk mengetahui ketersediaan pangan kebutuhan masyarakat. Terjadinya gejolak harga akan berpengaruh pada besaran tingkat akses pangan masyarakat, bahkan apabila berkelanjutan akan berdampak pada kerawanan panganmasyarakat. Oleh karena itu, pemantauan setiap saat perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi pasokan, stok dan fluktuasi harga yang terjadi terutama untuk bahan pangan pokok. Untuk mengetahui kondisi pasokan, stok dan fluktuasi harga bahan pangan ini, maka diperlukan analisis terhadap kegiatan panel harga yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah IstimewaYogyakarta.
Kegiatan kerja praktik ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui fluktuasi harga bahan pangan pokok dan mengetahui pengaruh kondisi pandemi Covid-19 terhadap harga bahan pangan pokok di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta periode bulan Maret. Metode yang digunakan dalam kerja praktik ini adalah metode analisis deskriptif dengan melihat program kerja seksi distribusi bahan pangan dan pelaksanaan pemantauan harga bahan pangan pokok di Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah harga 12 komoditas bahan pangan pokok yaitu Gabah Kering Panen (GKP) Tingkat Petani, GKP Tingkat Penggilingan, Gabah Kering Giling (GKG) Tingkat Penggilingan, Beras Medium Tingkat Penggilingan, Beras Premium Tingkat Penggilingan, Jagung Pililan Kering, Kedelai Biji Kering,Cabe merah keriting, Cabai Rawit Merah, BawangMerah, Sapi Hidup, dan Telur Ayam Ras.
Hasil pemantauan harga bahan pangan pokok menggunakan panel harga pada tingkat produsen di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta periode bulan Januari-Maret 2021 menunjukkan bahwa beberapa komoditas bahan pangan mengalami fluktuasi harga yang cukup signifikan seperti kedelai biji kering, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, dan telur ayam ras. Hal ini terjadi karena terjadinya kelangkaan stok pada periode bulan Januari-Maret.

Item Type: Laporan KP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Evinanda Ayu
Date Deposited: 25 Feb 2023 02:29
Last Modified: 25 Feb 2023 02:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40196

Actions (login required)

View Item View Item