PENGEMBANGAN LKPD MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DENGAN PBL UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING MATERI LINGKUNGAN

Sari, Winda Purnama and Ma'rifah, Destri Ratna (2020) PENGEMBANGAN LKPD MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DENGAN PBL UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING MATERI LINGKUNGAN.

[thumbnail of hasil cek similarity] Text (hasil cek similarity)
HASIL CEK_12255-36846-2-PB JPB UM 2020 (1).pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of hasil review artikel ilmiah] Text (hasil review artikel ilmiah)
hasil review jpb.pdf

Download (776kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD mobile learning berbasis android dengan Problem Based Learning (PBL) sebagai bahan ajar dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Design and Development Research dari Peffers. Penelitian ini memiliki enam tahapan yaitu: 1) identify the problem; 2) describe the objectives; 3) design and develop the artifact; 4) test the artifact; 5) evaluate testing result, and 6) communicate the testing results. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Playen dan SMA Negeri 1 Semin tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kelayakan LKPD mobile learning berbasis PBL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD mobile learning berbasis android dengan PBL layak digunakan pada materi perubahan lingkungan yang dikembangkan ditinjau dari aspek pembelajaran Biologi (aspek didaktik, konstruksi dan teknis), aspek materi (kelayakan materi dan keakuratan materi, penyajian materi, relevansi fakta dengan konsep, serta kebahasaan), dan aspek media (kualitas tampilan dan bahasa, kemudahan proses instalasi, kemudahan pengoperasian, kehandalan, kualitas ilustrasi (gambar, video atau animasi) dan kemudahan penggunaan).

Item Type: Artikel Umum
Keyword: : LKPD mobile learning, android, problem based learning, kemampuan berpikir kritis, lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: M.Pd. Destri Ma'rifah
Date Deposited: 11 Aug 2023 16:14
Last Modified: 18 Aug 2023 02:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40211

Actions (login required)

View Item View Item