EVALUASI MODEL DISCREPANCY: SALAH SATU MODEL EVALUASI PROGRAM KONSELING

Saputra, Wahyu Nanda Eka (2019) EVALUASI MODEL DISCREPANCY: SALAH SATU MODEL EVALUASI PROGRAM KONSELING. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8 (1). ISSN e-ISSN : 2597-8039 | p-ISSN : 2252-9055

[thumbnail of Bukti Korespondensi_Evaluasi Model Discrepancy.pdf] Text
Bukti Korespondensi_Evaluasi Model Discrepancy.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konseling adalah menjadi komponen utama dalam layanan bimbingan dan
konseling. Pentingnya program konseling ini, tentunya membutuhkan satu usaha
untuk menilai keberhasilan program konseling. Salah satunya adalah dengan
melaksanakan evaluasi. Tipe evaluasi yang bisa digunakan adalah evaluasi dengan
model discrepancy. Penelitian ini menggunakan desain studi kepustakaan. Penelitian
ini menyajikan gagasan ilmiah mengenai model evaluasi program, yaitu model
discrepancy melalui sumber data sekunder, seperti jurnal dan buku. Hasil studi
kepustakaan menyimpulkan bahwa tujuan dari evaluasi model discrepancy adalah
mendeskripsikan kesenjangan antara realita kinerja konselor profesional dalam
mengimplementasikan program bimbingan dan konseling di sekolah dengan standar.
Selain itu, juga berorientasi pada suatu keputusan untuk membantu konselor dalam
mengambil keputusan program konseling. Penelitian ini akan mendeskripsikan
evaluasi model discrepancy untuk melihat kesenjangan performa program konseling
dengan standar yang ditentukan.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Wahyu Nanda Eka Saputra
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:57
Last Modified: 28 Feb 2023 04:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40313

Actions (login required)

View Item View Item