Analisis Sumber Daya Manusia Kesehatan Instalasi Rekam Medis Menggunakan Metode Analisis Beban Kerja Kesehatan

Pramesti, Yolanda Fiegadini and Rosyidah, Rosyidah (2023) Analisis Sumber Daya Manusia Kesehatan Instalasi Rekam Medis Menggunakan Metode Analisis Beban Kerja Kesehatan. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, 3 (1). pp. 59-73. ISSN E-ISSN : 2827-797X P-ISSN : 2827-8488

[thumbnail of HASIL CEK_Analisis Sumber Daya Manusia (1).pdf] Text
HASIL CEK_Analisis Sumber Daya Manusia (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu Metode perencanaan Sumber Daya Manusia Kesehatan adalah Metode Analisis Beban Kerja Kesehatan (ABK Kes) sesuai Permenkes Nomor 33 Tahun 2015. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesesuaian jumlah SDM yang tersedia dengan beban kerja khususnya di bagian pendaftaran, filing dan assembling instalasi rekam medis RSUD Muntilan. Metode: Metode penelitian kualitatif observasional. Pengambilan data dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi.Observasi untuk menghitung norma waktupetugas pendaftaran rawat jalan, rawat inap, gawat darurat, filing dan assembling. Wawancara dengan koordinator bagian dan perwakilan staf bagian serta triangulasi dengan kepala instalasi. Hasil: Waktu Kerja Tersedia 72.187,50 Menit/Tahun dengan 6 hari kerja/minggu dan penerapan 3 shift di pendaftaran rawat inap dan gawat darurat, Komponen beban kerja ditetapkan melalui SPO. Besarnya norma waktu dan Standar Beban Kerja berbeda tiap kegiatan. Tugas penunjang rapat internal sebulan sekali selama 2 jam dan pemilahan berkas inaktif untuk petugas pendaftaran dan filing. Perhitungan kebutuhan petugas pendaftaran dan filing sebanyak 13 orang dan kebutuhan petugas di bagian assembling sebanyak 3 orang. Kesimpulan: perhitungan bagian pendaftaran dan filing, kurang relevan jika diterapkan untuk sistem shift karena belum mencakup petugas yang turun, libur maupun libur pengganti. Hasil perhitungan kemungkinan akan bertambah seiring bertambahnya kunjungan pasien dan apabila kegiatan sudah memiliki SPO.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: M.Kes Rosyidah Rosyidah
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:04
Last Modified: 29 Mar 2023 04:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40365

Actions (login required)

View Item View Item