Pengaruh Regulasi Emosi terhadap Harga Diri Siswa Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta

Saputra, Wahyu Nanda Eka (2019) Pengaruh Regulasi Emosi terhadap Harga Diri Siswa Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Artikel 6711.pdf] Text
HASIL CEK_Artikel 6711.pdf

Download (1MB)

Abstract

Harga diri menjadi unsur penting bagi siswa untuk menunjang perkembangannya secara optimal. Akan tetapi berbagai macam masalah terkait rendahnya tingkat harga diri siswa yang dialami siswa, misalnya siswa menunjukkan berbagai kegiatan dan masalahnya di media sosial. Salah satu variabel yang berpengaruh terhadap harga diri adalah regulasi emosi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh regulasi emosi dengan harga diri siswa. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 612 siswa yang dipilih secara acak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara regulasi emosi dengan harga diri siswa. Penelitian ini merekomendasikan sebuah program layanan konseling untuk meningkatkan harga diri siswa dengan melibatkan variabel regulasi emosi.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: self-regulation; self-esteem; senior high school student; regulasi emosi; harga diri; siswa SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Wahyu Nanda Eka Saputra
Date Deposited: 03 Mar 2023 01:50
Last Modified: 03 Mar 2023 01:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40412

Actions (login required)

View Item View Item