EVALUASI MODEL DISCREPANCY: SALAH SATU MODEL EVALUASI PROGRAM KONSELING

Saputra, Wahyu Nanda Eka (2019) EVALUASI MODEL DISCREPANCY: SALAH SATU MODEL EVALUASI PROGRAM KONSELING. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Artikel 8822.pdf] Text
HASIL CEK_Artikel 8822.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konseling adalah menjadi komponen utama dalam layanan bimbingan dan konseling. Pentingnya program konseling ini, tentunya membutuhkan satu usaha untuk menilai keberhasilan program konseling. Salah satunya adalah dengan melaksanakan evaluasi. Tipe evaluasi yang bisa digunakan adalah evaluasi dengan model discrepancy. Penelitian ini menggunakan desain studi kepustakaan. Penelitian ini menyajikan gagasan ilmiah mengenai model evaluasi program, yaitu model discrepancy melalui sumber data sekunder, seperti jurnal dan buku. Hasil studi kepustakaan menyimpulkan bahwa tujuan dari evaluasi model discrepancy adalah mendeskripsikan kesenjangan antara realita kinerja konselor profesional dalam mengimplementasikan program bimbingan dan konseling di sekolah dengan standar. Selain itu, juga berorientasi pada suatu keputusan untuk membantu konselor dalam mengambil keputusan program konseling. Penelitian ini akan mendeskripsikan evaluasi model discrepancy untuk melihat kesenjangan performa program konseling dengan standar yang ditentukan.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: evaluasi, model discrepancy, konseling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Wahyu Nanda Eka Saputra
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:17
Last Modified: 03 Mar 2023 02:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40418

Actions (login required)

View Item View Item