Pikiran Damai Berdasarkan Penuturan Markesot: Studi Hermenuka Teks Markesot Bertutur Lagi

Saputra, Wahyu Nanda Eka and Supriyanto, Agus and Astuti, Budi and Ayriza, Yulia (2020) Pikiran Damai Berdasarkan Penuturan Markesot: Studi Hermenuka Teks Markesot Bertutur Lagi. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Artikel 10686.pdf] Text
HASIL CEK_Artikel 10686.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menafsirkan pikiran damai berdasarkan teks yang berjudul Markesot Bertutur Lagi karya Emha Ainun Najib. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe hermeneutika. Setiap interpretasi adalah usaha untuk memahami makna-makna yang masih terselubung dalam sebuah teks. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui dokumentasi pemaknaan teks dan studi pustaka. Penafsiran dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: (1) pemahaman keseluruhan (whole); (2) pemahaman bagian (part); dan (3) mendapatkan pemahaman pada yang melandasi makna (understanding of underlying meaning). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumusan dari Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pikiran damai berdasarkan penuturan Markesot adalah: (1) berpikir untuk memaafkan kesalahan orang lain; (2) berpikir untuk menemukan kekuatan diri daripada menyalahkan diri sendiri; (3) berpikir untuk meregulasi emosi diri; dan (4) berpikir untuk meregulasi perilaku diri. Keempat bentuk pikiran damai ini seyogianya menjadi rujukan konselor sekolah guna menjadi dasar pelaksanaan konseling kedamaian untuk membangun pikiran damai siswa.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: aggression; peaceful mind; Markesot; hermeneutics; agresi; pikiran damai; hermeneutika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Wahyu Nanda Eka Saputra
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:25
Last Modified: 03 Mar 2023 02:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40419

Actions (login required)

View Item View Item