Kontribusi Parent-Child Attachment terhadap Regulasi Emosi, Harga Diri, Konformitas dan Resiliensi Siswa

Saputra, Wahyu Nanda Eka and Fauziah, Mufied and Muarifah, Alif Kontribusi Parent-Child Attachment terhadap Regulasi Emosi, Harga Diri, Konformitas dan Resiliensi Siswa. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Artikel 11453.pdf] Text
HASIL CEK_Artikel 11453.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi parent-child attachment terhadap regulasi emosi, harga diri, konformitas dan resiliensi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan causal relationship study. Seratus lima puluh tiga sampel diperoleh secara acak dari SMP Negeri se-Kota Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan dengan Skala Attachment, Skala Regulasi Emosi, Skala Harga Diri, Skala Konformitas dan Skala Resiliensi yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Regresi sederhana kemudian digunakan untuk menganalisis data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attachment memiliki kontribusi yang signifikan terhadap regulasi emosi, harga diri, konformitas dan resiliensi dengan koefisien beta sebesar 0,691, 0,816, 0,687 dan 0,232.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Wahyu Nanda Eka Saputra
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:30
Last Modified: 03 Mar 2023 02:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40421

Actions (login required)

View Item View Item