LAPORAN KERJA PRAKTEK Pengembangan Desain Interface Game Edukasi Matematika “Pipolondo”

Utami, Trivita Annisa (2023) LAPORAN KERJA PRAKTEK Pengembangan Desain Interface Game Edukasi Matematika “Pipolondo”. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1900018074_Trivita Annisa_N_MK.pdf] Text
KP_1900018074_Trivita Annisa_N_MK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan seiring berkembangnya teknologi komputer dan internet, semakin banyak perangkat telepon pintar (smartphone) yang bermunculan di pasaran dan semakin banyak pula pengguna yang menggunakan perangkat tersebut dalam kegiatannya sehari – hari. Salah satu kegiatan yang dapat dilaksanakan pengguna perangkat telepon pintar adalah memainkan video game dimana saja dan kapan saja. Dengan banyaknya video game yang beredar, banyak juga hal yang mulai dikembangkan dengan unsur – unsur utama dari suatu game namun dapat memberikan pengetahuan tentang suatu hal yang spesifik atau menggunakan video game sebagai sebuah wujud media pembelajaran.

Dengan mempelajari penelitian – penelitian terdahulu yang mengangkat tema pengembangan video game sebagai salah satu upaya untuk memberikan sarana belajar alternatif bagi anak, video game "PIPOLONDO” ini dikembangkan dengan memberikan tampilan User Interface yang cocok untuk target penggunanya, yaitu anak usia 3 sampai 9 tahun. Menggunakan warna yang cerah dan objek - objek dengan bentuk yang sederhana, ini juga dapat meningkatkan kemudahan penggunaan video game "Pipolondo".

Hasil dari pengembangan video game “Pipolondo” ini adalah berupa video game berbasis smartphone untuk belajar matematika dasar dengan operasi - operasi dasar dan tampilan interface yang menarik. Selain itu juga video game ini ditujukan kepada anak – anak usia sekolah dasar atau pra-sekolah dari umur 3 sampai 8 tahun agar dapat mempelajari matematika dasar dengan media yang menghibur.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: Trivita Utami
Date Deposited: 04 Mar 2023 01:18
Last Modified: 04 Mar 2023 01:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40445

Actions (login required)

View Item View Item