Pengaruh Kondisi Sekolah Terhadap Kejadian Leptospirosis

Munawaroh, Siti Mar'atul and Widiyanto, Aris and Atmojo, Joko Tri and Duarsa, Artha Budi Susila and Handayani, Rina Tri and Rokhmayanti, Rokhmayanti and Nugroho, Andri Setyo Dwi (2022) Pengaruh Kondisi Sekolah Terhadap Kejadian Leptospirosis. [Artikel Dosen]

This is the latest version of this item.

[thumbnail of 29B_Peer Review_Rokhmayanti_Pengaruh Kondisi Selokan.pdf] Text
29B_Peer Review_Rokhmayanti_Pengaruh Kondisi Selokan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 29C_Similarity_Rokhmayanti_Pengaruh Kondisi Selokan.pdf] Text
29C_Similarity_Rokhmayanti_Pengaruh Kondisi Selokan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Leptospirosis masih endemik di Indonesia dan telah lazim di Kabupaten Kulon Progo, dimana kasusnya mengalami fluktuasi. Kondisi lingkungan fisik yang buruk dijadikan sebagai faktor risiko penularan leptospirosis. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kondisi selokan terhadap kejadian leptospirosis di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Studi kasus-kontrol di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, dari bulan Maret hingga Juli 2019. Sebanyak 88 subjek penelitian dikumpulkan dengan simple random sampling. Variabel dependen adalah leptospirosis. Variabel independen adalah kondisi selokan. Data kasus leptospirosis dikumpulkan dari Dinas Kesehatan Kulon Progo dan 21 Puskesmas di Yogyakarta. Data lainnya dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan chi-square. Kondisi selokan buruk meningkatkan risiko kejadian leptosprirosis, namun secara statistik tidak signifikan (aOR= 1.16; CI 95%= 0.94 hingga 2.22; p= 0.136). Kondisi selokan yang buruk meningkatkan risiko leptospirosis.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: S.KM.,M.PH Rokhmayanti Rokhmayanti
Date Deposited: 03 Mar 2023 08:21
Last Modified: 03 Mar 2023 08:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40469

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item