Hasil cek similarity" Tren Penelitian Terkait Beras Kencur dan Proses Pembuatannya"

Heryandita, Maulia Rizki and Atikawati, Nur Indah and Irham, Lalu Muhammad and Hartatik, Hartatik Hasil cek similarity" Tren Penelitian Terkait Beras Kencur dan Proses Pembuatannya". Prosiding Seminar Pusat Informasi dan Kajian Obat. ISSN Prosiding Seminar Pusat Informasi dan Kajian Obat

[thumbnail of Hasil Cek_Tren Penelitian Terkait Beras Kencur dan Proses Pembuatannya.pdf] Text
Hasil Cek_Tren Penelitian Terkait Beras Kencur dan Proses Pembuatannya.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Jamu merupakan minuman tradisional khas Indonesia yang memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh dan bersifat pencegahan salah satunya yaitu Rimpang kencur (Rhizoma Kaempferia galanga L.) yang banyak dimanfaatkan sebagai jamu. Banyak penelitian yang dilakukan tentang jamu beras kencur tetapi pemetaannya belum banyak dilakukan

Tujuan: Artikel ini bertujuan untuk menganalisis ruang lingkup penelitian tentang Jamu Beras Kencur dengan metode bibliometrik dan cara pembuatan jamu beras kencur.

Metode: Metode yang digunakan adalah mencari database menggunakan Scopus kemudian mengekstrak hasil pencarian menggunakan VOS-viewer. Pembuatan Jamu beras kencur merupakan salah satu kegiatan promosi kesehatan yang kami lakukan dengan memperlihatkan langsung cara pembuatannya diruang tunggu Puskesmas Imogiri 1.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan publikasi mengenai “Kaempferia Galanga” dari tahun ke tahun mulai meningkat. Negara yang banyak melakukan penelitian adalah negara India dengan 80 artikel. Perguruan tinggi yang paling gencar melakukan penelitian adalah Chiangmai University dengan 57 artikel. Kata kunci yang paling sering digunakan yaitu Kaempferia galanga, zingiberacea, dan antioksidan. Kegiatan promosi Kesehatan pembuatan Jamu beras kencur berjalan dengan baik menghasilkan jamu yang yang manis, segar serta menyehatkan.

Kesimpulan: Promosi Kesehatan merupakan salah satu kegiatan yang bagus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Melalui VOS-Viewer, kami menganalisis berapa banyak artikel yang telah diterbitkan tentang Kaaempferia galanga untuk berbagai keperluan seperti penelitian yang lebih lanjut.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > S2-Master of Pharmacy (S2-Farmasi)
Depositing User: Lalu Muhammad Irham, M.Farm., Ph.D
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:39
Last Modified: 06 Mar 2023 07:39
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40532

Actions (login required)

View Item View Item