Mashud, Imam (2016) PEMBELAJARAN SAINTIFIK DAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 65-72. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2
Preview |
Text
Imam Mashud_YAKMI Tangerang.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Pendekatan saintifik dipahami oleh guru sebagai jenis pendekatan pembelajaran untuk mata pelajaran umum. Pemahaman ini didasarkan atas aktifitas ilmiah yang terdapat dalam pendekatan ini tidak sesuai dengan karakteristik Pendidikan Agama Islam yang harus diyakini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktifitas pengalaman belajar peserta didik dalam pendeka- tan saintifik, agar bermanfaat bagi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran sesuai den- gan kurikulum 2013, dengan demikian diharapkan pemahaman yang sebelumnya terdapat pada guru Pendidikan Agama Islam dapat berubah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada- lah deskriptif dengan menggunakan studi literatur pada buku, jurnal dan beberapa peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang berkaitan dengan Kurikulum 2013. Hasil kajian yang diperoleh menjelaskan bahwa pendekatan saintifik dapat diterapkan dalam mata pelajaran Pen- didikan Agama Islam, karena aktifitas yang terdapat dalam pendekatan ini dapat mengembangkan kompetensi dasar yang terdapat dalam kurikulum 2013.
Kata kunci: pendekatan saintifik, konsep penilaian autentik, pembelajaran PAI dan budi pekerti.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 01:57 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 01:57 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4058 |
Actions (login required)
View Item |