Perdana Sari, Indah (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA LAGU TERHADAP NILAI KARAKTER KREATIF PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JIGUDAN PANDAK BANTUL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 233-237. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2
Preview |
Text
Indah Perdana Sari_Universitas Alma Ata.pdf Download (466kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media lagu terhadap nilai karakter kreatif pada mata pelajaran IPS untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri Jigudan Pandak Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Jigudan, yang terdiri dari 22 peserta didik kelas VA seba- gai kelas control dan 21 peserta didik kelas VB sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data yang diguanakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sampel t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lagu pada pembelajaran IPS berpengaruh terhadap nilai karakter kreatif dengan hasil uji-t pada observasi awal = -0,236 dengan p sebesar 0,814, sedangkan hasil uji t pada observasi akhir = -16.710 dengan p sebesar 0,000. Berdasarkan analisis uji-t tersebut menunjukkan bahwa peng- gunaan media lagu pada mata pelajaran IPS efektif terhadap nilai karakter kreatif serta dapat men- ingkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Jigudan Pandak Bantul.
Kata kunci: media lagu, karakter, kreatif, IPS, sekolah dasar
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 01:57 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 01:57 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4059 |
Actions (login required)
View Item |