Repository UAD

PEMANFAATAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM BELAJAR

Budhi Handaka, Irvan and Eka Safitri, Nindiya (2016) PEMANFAATAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM BELAJAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 157-164. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[img] Text
Irvan Budhi_BK UAD.pdf

Download (402kB)

Abstract

Era mega-kompetisi di MEA menuntut kehidupan yang kompetitif antar negara-negara di Asia Tenggara. Para pelaku kompetisi perlu segenap keterampilan khusus. Salah satu keterampi- lan yang dibutuhkan di abad 21 adalah keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills). Ket- erampilan ini berkaitan dengan kemampuan berpikir secara logis, beralasan, kreatif dan reflektif dengan menekankan pembuatan keputusan tentang apa yang harus dipercayai atau dilakukan. Keterampilan ini perlu dikembangkan pada siswa sekolah sebagai calon masyarakat abad 21 den- gan metode tertentu. Metode experiential learning sebagai sebuah metode pembelajaran yang men- gutamakan pengalaman sebagai sumber belajar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Terdapat beberapa strategi experiential learning yang dapat diaplikasikan dalam peningkatan ket- erampilan berpikir kritis. Dua strategi yang mampu menyajikan objek belajar yang dapat mer- angsang siswa untuk berpikir secara kritis melalui keterlibatan langsung dan pengalaman nyata, yaitu Broken Square dan Turntable. Pemikiran yang kritis dalam proses belajar diharapkan dapat membantu siswa dalam merekonstruksikan, merefleksikan dan mengimplementasikan berbagai ba- han ajar dalam kehidupan nyata sehingga tercapai keberhasilan dalam belajar. Kata kunci: experiential learning, keterampilan berpikir kritis, belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 21 Oct 2016 01:58
Last Modified: 21 Oct 2016 01:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4060

Actions (login required)

View Item View Item

Repository UAD is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.