The rhetorical strategies of the Quran

Kusen, Kusen and Rafli, Zainal and Emzir, Emzir (2020) The rhetorical strategies of the Quran. BAHASTRA, 40 (2). pp. 96-103.

[thumbnail of 16991-48726-2-PB (1).pdf] Text
16991-48726-2-PB (1).pdf

Download (643kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penerjemahan dalam Al- Quran. Metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata, frasa, kalimat dalam teks terjemahan ayat-ayat Alquran Agung Al-Qur'an al-Baqarah ayah 1 ke ayah 286. Prosedur yang digunakan dalam analisis data adalah prosedur model induktif. Model pengembangan strategi retoris yang digunakan oleh model Toulmin. Hasil penelitian menunjukkan model pengembangan strategi IV (G.W. B C). Model lain menggunakan model alternatif. Ini adalah model lain yang muncul selain dari apa yang diberikan Toulmin, W. B C. Model W. B C digunakan sebanyak 7 kali atau sebesar 17,5%. Model strategi selanjutnya yang juga banyak digunakan adalah model alternatif W.B. Q C dan model V digunakan 5 kali (12,5%). Berikutnya adalah model strategi III (Ground + Warrant Claim), digunakan empat kali atau 10% dan model I (Ground Claim), model II (Ground-n n- Claim), model W C, dan model W. R C masing-masing digunakan 1 kali atau sebesar 2,5%. Semua klaim diungkapkan menggunakan strategi retoris yang kompleks. Klaim yang didukung oleh lebih dari satu fakta, baik paralel atau tidak paralel. Ada beberapa fakta dan data (ground), diperkuat dengan data pembenaran atau validasi (warrant), diperkuat lagi dengan dukungan daya (backing support) untuk memperkuat satu atau lebih dari satu klaim.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: M.Pd. Yosi Wulandari
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:38
Last Modified: 07 Mar 2023 06:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40612

Actions (login required)

View Item View Item