Repository Universitas Ahmad Dahlan

PERAN KONSELOR DALAM MENYIKAPI CYBER BULLIYING DI KALANGAN SISWA

Gita Rismawan, Kade Sathya and Budi Hartanto, Yogi and Fitriana, Amalia (2016) PERAN KONSELOR DALAM MENYIKAPI CYBER BULLIYING DI KALANGAN SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 373-380. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[img] Text
Kade Sathya_Pasca UNM.pdf

Download (393kB)

Abstract

Akhir-akhir ini cyberbullying yang terjadi di kalangan siswa menjadi sebuah fenomena han- gat dan sangat memprihatinkan bagi dunia pendidikan. Cyberbullying terjadi manakala seorang anak atau remaja diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan secara terus – menerus oleh anak lain melalui media internet, khususnya dalam hal ini melalui media sosial. Berdasarkan penelitian UNICEF pada tahun 2014, sebanyak 13% remaja telah menjadi korban cyberbullying. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa cyberbullying terbukti memicu stres, menurunnya perfor- mansi akademik, marah dan sedih, menurunnya self esteem, dan keinginan untuk bunuh diri. Akan tetapi cyberbullying yang terjadi di Indonesia masih menjadi suatu hal yang kurang menda- patkan perhatian. Bullying memiliki dampak yang negatif bagi perkembangan karakter anak, baik bagi si korban maupun pelaku. Konselor sekolah memilki peran penting dalam merancang dan mengimplementasikan strategi layanan bimbingan dan konseling sebagai upaya pencegahan mau- pun upaya kuratif terhadap cyberbullying yang terjadi dikalangan siswa. Konselor sekolah dapat bertindak sebagai pelayan utama dalam memfasilitasi siswa dengan melibatkan orang tua, dan komponen sekolah yang lain untuk mencegah semakin berkembangnya cyberbullying . Konselor dapat menerapkan strategi - strategi layanan Bimbingan Konseling dan melakukan intervensi pro- gram yang sesuai dalam meningkatkan kesadaran, memberikan pelatihan dan pendidikan, serta mengembangkan soft skill terkait pencegahan cyberbulliying tersebut. Kata kunci: Cyberbullying, Peran konselor.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 21 Oct 2016 01:56
Last Modified: 21 Oct 2016 01:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4062

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.