Repository UAD

IMPLEMENTASI STRATEGI HIJAHIWA PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU, JARAK DAN KECEPATAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN RANCAILAT

Kuswanto, Kuswanto and Sumantri, Agus and Jamhari, Jamhari and Lygia Mampouw, Helti (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI HIJAHIWA PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU, JARAK DAN KECEPATAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN RANCAILAT. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 268-274. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[img] Text
Kuswanto_UKSW.pdf

Download (642kB)

Abstract

Di dalam matematika, pengukuran waktu dan jarak serta menghitung kecepatan termasuk topik pengukuran yang menghubungan dua besaran. Makalah ini dibuat dengan tujuan mend- eskripsikan implementasi strategi hijahiwa pada pembelajaran tentang waktu, jarak dan kecepa- tan untuk meningkatkan hasil belajar termasuk perubahan sikap pada kelas V SDN Rancailat. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan subjek 55 orang. Strategi hijahiwa mengombinasikan aktivitas pengumpulan data di luar kelas dan penyelesaian masalah menggunakan langkah Polya. Diperoleh ketuntasan belajar siswa siklus ke-1 tentang waktu dan jarak adalah 74,5% dan siklus ke-2 tentang kecepatan adalah 95,4%. Aspek sikap yang baik juga telah berkembang, kerjasama meningkat 15%, disiplin meningkat 9% dan tanggungjawab menin- gkat 15%. Implementasi strategi hijahiwa berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci:strategi hijahiwa, jarak, waktu, kecepatan,langkah Polya

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 21 Oct 2016 02:00
Last Modified: 21 Oct 2016 02:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item View Item

Repository UAD is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.