PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DI KELAS IV SD NEGERI TAMBAKROTO

Afandi, Muhamad (2016) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DI KELAS IV SD NEGERI TAMBAKROTO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 238-243. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Muhammad Afandi_PGSD SUltan Agung Semarang.pdf]
Preview
Text
Muhammad Afandi_PGSD SUltan Agung Semarang.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar melalui pem- belajaran kooperatif tipe make a macth pada mata pelajaran PKn materi Sistem Pemerintahan Pusat kelas IV SD Negeri Tambakroto Kecamatan Sayung, kabupaten Demak. Variabel yang men- jadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah peningkatan minat siswa dan prestasi belajar siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode diskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan 2 (dua) siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sub- jek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tambakroto yang berjumlah 32 siswa, dengan jumlah siswa laki-laki 21 dan siswa perempuan 11. Teknik pengumpulan data mengguna- kan intrumen angket untuk mendapatkan data motivasi belajar sedangkan tes menggunakan lem- bar penialaian. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe make a match dari siklus I ke siklus II dibuktikan dengan perolehan persentase secara kesuluruhan kelas pada siklus I sebesar 75,52% dengan kategori motivasi belajar tinggi, dan pada siklus II sebesar 78,80% dengan kategori motivasi belajar sangat tinggi. Sedang- kan pada prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 78,1%% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil pene- litian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar di kelas IV SD Negeri Tambakroto.

Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar, PKn, Pembelajaran kooperatif tipe make a match.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 21 Oct 2016 02:00
Last Modified: 21 Oct 2016 02:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4067

Actions (login required)

View Item View Item