M. Ridwan, M. Ridwan (2016) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SISWA SEKOLAH DASAR DI SUMENEP MADURA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 131-135. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2
Preview |
Text
M Ridwan_STKIP PGRI Sumenep.pdf Download (400kB) | Preview |
Abstract
Suatu bangsa dapat dikatakan besar jika bangsa tersebut memiliki karakter baik dan kuat yang bersumber dari nilai-nilai kearifan lokal masyarakatnya. Sehingga penggalian nilai-nilai kearifan lokal merupakan langkah strategis dalam upaya membangun karakter bangsa. Salah satunya me- dia yang tepat untuk membangun dan mengembangkan karakter bangsa Indonesia agar memiliki karakter baik, kuat, unggul, dan mulia adalah melalui jalur pendidikan yang harus dimulai sejak sekolah dasar. Namun dalam praktek pendidikan karakter seringkali menemukan persoalan. Per- soalan yang tampak salah satunya terdapat pada efektivitas penggunaan media pembelajaran. Se- hingga perlu adanya suatu media pembelajaran yang inovatif, menyenangkan serta sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia. Dalam budaya masyarakat terdapat banyak unsur yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran, salah satunya permainan tradisional masyarakat. Per- mainan tradisional merupakan salah satu media yang efektif dan menyenangkan dalam penerapan pendidikan karakter berbasis budaya. Objek gagasan ilmiah pada artikel ilmiah ini adalah siswa sekolah dasar di Sumenep Madura. Data yang dipergunakan dalam karya ilmiah ini bersumber dari berbagai literatur yang relevan dan narasumber yang mendukung topik permasalahan. Dilan- jutkan dengan proses sintesis dengan menghubungkan pendahuluan, tujuan penulisan, dan pem- bahasan yang dilakukan dengan sistematis yang logis. Dari deskripsi data didapatkan bukti nyata efektivitas penggunaan media permainan anak tradisional dalam penerapan pendidikan karakter siswa sekolah dasar di Sumenep Madura. Karena dalam permainan tradisional yang digunakan banyak terkandung nilai-nilai yang memiliki keterkaitan dengan sembilan pilar pendidikan kara- kter bangsa.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Permainan Tradisional,Kearifan Lokal dan Sekolah Dasar
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 02:01 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 02:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4069 |
Actions (login required)
View Item |